Sebanyak 10.876 Anak Di Kabupaten Pasuruan Mengalami Stunting

""

Gambar : petugas dinkes yang sedang menimbang bayi (www.instagram.com) 

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Selama tahun 2020 kemarin jumlah bayi dan balita di Kabupaten Pasuruan yang mengalami stunting sebanyak 10.876 anak. Stunting adalah kondisi dimana anka memilik ukuran badan yang lebih pendek dengan anak-anak seusianya, dengan kata lain tinggi anak tersebut dibawah standar.

Kepala Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Pasuruan. Dr Ani Latifah melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Endah Yuliastuti mengatakan, apabila diprosentasekan jumlah tersebut sama dengan 21,4% dari total keseluruhan jumlah bayi dan balita yang di timbang pada tahun 2020. Jumlah tersebut hampi menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan. Utamanya ada 10 desa yang menjadi daerah khusus stunting. Diantaranya, Desa Jimbaran, Desa Petung, Desa Semare, Desa Tenggilisrejo, Desa Rejoso Kidul, Desa Winongan Kidul, Desa Rebalas Desa Pasinan dan Desa Watuprapat.

“bukan berdasarkan jumlah keseluruhan bayi dan balita SeKabupten Pasuruan. Melainkan dari toal yang ditimbang pada tempat pelayanan seperti posyandu, puskesmas dan polindes” kata Endah, Kamis (07/01/2021).

Adapun total pemimbangan bayi dan balita pada tahun 2020 hanya 50.765 anak. Jumlah ini sangat jauh dari target yang mengharuskan jumlah timbangan mencapai 118.429 anak.

 

(AMS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.