Semangat Komunitas Orpada Dalam Melestarikan Alam

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Di Indonesia sampah dan limbah merupakan salah satu problem tiada akhir. Maka dari itu diharapkan warga negara Indonesia untuk dapat merawat dan peduli terhadap lingkungan. Salah Satunya komunitas Orpada, yang akan bergerak di bidang sosial, edukasi, dan konservasi.

Komunitas ini di bentuk pada tanggal 15 November 2017 di Desa Blarang. Yang berorientasikan organisasi pegiat lingkungan sengaja dirikan demi menyelamatkan lingkungan yang kian hari makin rusak. Tidak hanya itu, berdirinya ORPADA juga diharapkan semoga bisa menampung aspirasi para pemuda dan pemudi di Desa Blarang Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan dalam mangupayakan pelestarian Alam dan lingkungan. “Saya berharap, komunitas ini dapat menampung aspirasi para pemuda pemudi dalam mengupayakan pelestarian alam dan lingkungan.” Ujar Suhendik selaku Ketua komunitas Orpada. Minggu, (17/1/21)

Organisasi Pemuda Peduli Lingkungan dan Alam atau lebih di kenal sebagai Orpada ini memiliki anggota sebanyak 20 orang. Yang memiliki komitmen dan jiwa sosial yang tinggi. Dalam rangka membantu kepada masyarakat yang membutuhkan serta untuk mempertahankan tutupan kanopi hijau dan melindungi sumber mata air. “Sejauh ini komunitas kami dapat melaksanakan bersih sampah dikawasan gunung TNBTS, sampah yang ada di sungai, penanaman pohon, baksos yang bekerja sama dengan Lumbung Zakat Purwosari, dan banyak lagi kegiatan lainnya.” Terangnya.

Kegiatan yang dilakukan mencakup hal sosial secara luas, baik dari segi sosial, pendidikan, kemanusiaan, keagamaan dan pemberdayaan masyarakat. Selama masih menemukan kasus yang masuk dalam kriteria komunitas maka akan menjadi fokus kegiatan komunitas Orpada.

 

(DH)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.