Signal, Telegram, WhatsApp. Aplikasi Mana Yang Banyak Menyimpan Data Pengguna?

""

Gambar : https://zamane.id


 

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Ada tiga aplikasi pesan yang kini sudah mendunia, yaitu Signal, Telegram dan WhatsApp. Ketiga aplikasi tersebut menyediakan opsi panggilan, kontak, enkripsi, suara, dan video, serta mendukung perpesanan lintas platform (iOS, macOS, Android, Windows, Linux), mengizinkan obrolan grup, dan menyediakan Autentikasi Multi-Faktor.

  • Signal

Tidak ada data yang dikumpulkan oleh aplikasi

  • Telegram

Identitas pengguna, info kontak dan kontak

  • WhatsApp

Lokasi, email, kontak, ID perangkat, data kinerja perangkat, nomor telepon, data kerusakan, data periklanan, riwayat pembelian, informasi pembayaran, kontak pengguna lain, dukungan pelanggan dan identitas pengguna.

Bisa disimpulkan bahwa produk Facebook menjadi platform yang paling banyak menyimpan data pengguna. Kebijakan baru dari WhatsAap yang mengatur soal penggunaan privasi membuat banyak penggunanya beralih ke platform chatting lain.

Terlebih setelah WhatsApp meminta pengguna untuk menyetujui kebijakan baru yang berisi pembagian data pengguna ke Facebook. Apabila pengguna tidak menyetujui kebijakan tersebut, maka pengguna tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp.

Gara-gara hal itu, Signal dan Telegram mengalami lonjakan jumlah donwload. Di beberapa negara, bahkan jumlahnya melampaui total download WhatsApp.

Sensor Tower juga melaporkan bahwa pada 7 Januari, pertama kali kebijakan baru WhatsApp diberlakukan, jumlah download aplikasi Telegram meningkat hingga 1,7 juta dan Signal sebesar 1,2 juta. Sementara WhatsApp yang biasanya mendominasi industri platform chatting hanya meraih angka 1,3 juta saja.

 

(CN)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.