Waspada! Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran

""

Gambar : Twitter BNBP_Indonesia


PortalArjuna.Net-Lumajang, Gunung Semeru muntahkan Awan Panas Guguran (APG) dengan jarak luncur sekitar 4,5 kilometer pada Sabtu (16/1/21) pukul 17:24 WIB, masyarakat di himbau untuk tetap waspada.

Dalam unggahan Twitter @BNBP_Indonesia mengatakan bahwa, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Semeru masih dalam level II atau ‘Waspada’. Adapun penetapan status tersebut didasarkan dari hasil pemantauan dan instrumental, serta potensi ancaman bahayanya.

“Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, serta potensi ancaman bahaya nya, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru masih ditetapkan pada  Level II atau Waspada,” jelas PVMBG dalam keterangan resmi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, menurut laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

“Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin,” tulis Raditya Jati dalam keterangannya,

Dalam berada pada status level II (waspada), disarankan masyarakat dan wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km dari kawah/puncak Semeru, dan dalam jarak 4 km dari pembukaan kawah selatan-tenggara. Selain itu, masyarakat dituntut untuk selalu memperhatikan longsoran, lava yang berjatuhan dan lahar panas di sepanjang sungai/lembah hulu Gunung Semeru.

 

 

(NR)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.