Kenali Salah Satu Warisan Ragam Budaya Nusantara, Candi Sumberawan Singosari, Jawa timur

""

Gambar : Suasana wisata Candi Sumberawan (https://travelingyuk.com/candi-sumberawan/152573)

PortalArjuna.Net, Malang Daerah malang dan sekitarnya tentu tidak asing dengan salah satu warisan budaya yakni candi sumberawan. Candi Sumberawan terletak di Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Sumberawan pernah dipugar pada masa kolonial Belanda, sekitar tahun 1937. Diyakini saat pemugaran berlangsung terdapat sumber air tepat di bawah candi. Tetapi setelah semua proses rampung, aliran airnya jadi merembes ke mana-mana. Akibatnya, muncul sumber air baru di beberapa lokasi.

Air di Sumberawan juga dianggap Suci oleh sejumlah agama. Tidak hanya dimanfaatkan untuk upacara Waisak, tapi juga digunakan sebagai air pembaptisan bagi umat beragama Kristen Prostetan. Menurut hasil penelitian laboratorium air ini sangat jernih dan layak diminum secara langsung, Dalam perjalanan sejarah tempat ini juga menjadi jujukan Raja Hayam Wuruk untuk observasi mengelilingi daerah kekuasaannya. Sang Raja juga menggunakannya sebagai tempat istirahat sekaligus beribadah. Hal tersebut yang lantas mengawali inisiatif membangun tempat pemujaan kepada dewa.

Berdiri kokoh di lembah lereng Gunung Arjuno, kawasan sekitar candi menghadirkan atmosfer ketenangan luar biasa. Di sekelilingnya terdapat aliran sungai dan deretan lahan persawahan penduduk. Udara sekitar juga terasa sejuk. Hembusan lembut angin gunung membuat siapapun yang mengunjungi kawasan ini akan merasa dimanjakan. Kawasan ini juga banyak ditumbuhi pohon pinus yang terlihat sangat indah.

Sederet pesona tersebut membuat pengelola berinisiatif menjadikan Candi Sumberawan sebagai tempat wisata. Di beberapa titik dibangun tempat selfie untuk ajang foto untuk para pengunjung. Selain itu ada pula pusat kuliner, lengkap dengan gazebo agar pengunjung bisa bersantai bersama keluarga.

Bagi anda yang berniat wisata sejarah, sangat disarankan berkunjung ke Candi Sumberawan. Selain melihat bangunan kuno, kalian juga bisa bermain bersama keluarga di Hutan Pinus yang sudah dikemas cantik oleh pihak pengelola. Ada yang sudah pernah berkunjung ke candi ini.

 

( SA )

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.