Pelantikan Bupati dan Walikota Hasil Pilkada 2020 Jawa Timur Ditunda

""

Sumber gambar : CNN Indonesia

PortalArjuna.Net-Jatim, Pelantikan bupati dan walikota terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Jatim yang awalnya akan dilantik pada (17/02/21) ditunda sampai akhir bulan namun masih belum ditentukan tanggalnya.

Di Jawa Timur terdapat 19 Pilkada serentak seperti di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Kota Pasuruan, Tuban, Sumenep, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Jember, Pacitan, Kabupaten Mojokerto, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang dan Situbondo.

Diantara Pilkada tersebut 17 kepala daerah yang terpilih awalnya akan dilantik pada (17/02/21) sedangkan dua lainnya yakni Tuban dan Pacitan pelantikannya disesuaikan dengan masa jabatan kepada daerah saat ini yang habis sekitar bulan April atau Mei 2021.

Penundaan pelantikan ini dikarenakan masih ada sejumlah sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Dari 19 kabupaten/kota yang melakukan Pilkada serentak 2020 tiga diantaranya yakni Banyuwangi, Lamongan dan Surabaya sedang menjalani sengketa di MK. Hingga kini MK masih belum memutuskan hasil sengketa Pilkada sehingga 16 kabupaten/kota lain yang tidak bersengketa di MK mengalami penundaan.

Keputusan penundaan ini merupakan hasil rapat bersama dengan Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. “Kami sudah rapat vidcon dengan pak Ditjen Otonomi Daerah bahwa pelaksanaan pelantikan tidak tanggal 17 Februari tapi mundur kira-kira akhir bulan, tanggal masih dipastikan pastinya.” Ujar Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur Jempin Marbun.

Agar tidak terjadi kekosongan jabatan selama penundaan pelantikan Gubernur Jawa Timur akan menunjuk sekretaris kabupaten dan kota dimasing-masing wilayah untuk menjadi pelaksana harian.

(NM)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.