Terpaksa Berputar 2 Kilometer, Jembatan Rusak Akibat Banjir

""

Gambar : Jembatan gantung di Pasuruan yang rusak akibat di terjang banjir (www.JatimNow.com)

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Pondasi jembatan gantung sepanjang 23 meter di Dusun Bulu, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan yang menjadi akses 7 kepala keluarga (KK) dan pondok pesantren, ambrol diterjang banjir. Akibatnya, jembatan tersebut ditutup lantaran struktur bangunannya sudah goyang dan bila dilalui pejalan kaki dan kendaraan.

“Ambrolnya ini sejak hari Rabu (3/2/2021) kemarinnya datang banjir besar di Sungai Pulungan. Karena ada larangan, sementara kita tutup” ujar Kepala Dusun Bulu, Slamet Giyanto, Senin (8/2/2021). Dari pantauan di TKP, jembatan gantung yang dibangun pada Tahun 1991 itu rusak parah di sisi sayap pondasi. Penutupan ini terus dilakukan sampai ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan.

Sementara itu, dari 7 KK dan sebuah Lembaga Pondok Pesantren Darussalam serta para petani yang memanfaatkan jembatan gantung itu, kini harus memutar melewati desa tetangga, yaitu Dusun Balun, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol yang jaraknya sekitar 2 kilometer.

Di sisi lain, Kepala Desa Bukusari, Nur Hayati mengatakan jika pihak pemerintah desa melaporkan kejadian itu ke BPBD Kabupaten Pasuruan. Keberadaan fungsi jembatan gantung itu sangat dibutuhkan warga setempat. “Kami sudah melaporkan jembatan gantung yang ambrol tersebut ke BPBD melalui Camat Gempol, agar segera di lakukan penanganan Ciptanya,” ujarnya Nur Hayati.

 

(MK)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.