Usai Betonisasi, Kini Ontobugo Semakin Mudah Untuk Dituju

""

PortalArjuna.Net – Pasuruan, Nama Ontobugo sudah pasti tak asing lagi bagi kalangan pendaki, pos 1 pendakian gunung Arjuno ini biasanya digunakan para pendaki untuk beristirahat dan bermalam. Ontobugo ini bertempat diatas desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Sebelum mencapai pos 1 Arjuno ini biasanya para pendaki di pintu masuk akan dikenakan tarif Rp.10,000 untuk biaya izin mendaki gunung Arjuno.

Kalau dulu agar bisa ke Pos 1 Ontobugo hanya bisa di akses dengan jalan kaki dari pintu masuk kurang lebih 400 meter, tapi sekarang kita bisa ke pos 1 Ontobugo ini dengan naik motor pribadi ataupun mobil pribadi, lalu parkir di pos 1 Ontobugo. Akses jalan yang dipasang beton ini semakin memudahkan kita mengendarai motor tanpa sedikit hambatan.
Peresmian jalan baru ini sekitar akhir tahun 2020, dan untuk fasilitas yang tersedia disana ada sebuah warung dengan berbagai macam menu, diantaranya yakni mie ayam, bakso, mie instan, dan aneka minuman seperti kopi, teh hangat, es teh, soda gembira, dsb. Selain warung juga terdapat musholla, kamar mandi, dan yang paling ikonik adalah Guo Ontobugo dan patung naganya.

 

(Farid Rifki)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.