Guna Meningkatkan Eksistensi Tenun, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UYP Kunjungi UMKM Tenun di Desa Karangrejo

""

PortalArjuna.Net-Purwosari, Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Yudharta Pasuruan lakukan explore mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tepatnya di Desa Karangrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Senin (22/03/2021).

Dalam kegiatan explore UMKM yang menggunakan alat tenun ini banyak ilmu yang didapat, baik dalam proses, cara pembuatan, maupun teknis pemasaran.

Didesa Karangrejo memang masih terkenal eksis pengusaha yang menggunakan alat tenun, baik yang sederhana maupun yang sudah modern, dan out put dari mesin tenun ini juga macam-macam, ada yang jadi keset, serbet, pel, dan tikar lipat.

Pengusaha di Karangrejo sifatnya masih home industri, dimana setiap pengusaha memiliki cara dan pemasaran yang berbeda-beda, tetapi dalam konteks kerjasama, pengusaha Karangrejo sangat bersinergi.

Menurut salah satu warga ketika diwawancari oleh tim portal arjuna mengatakan “Yaaaa, kita saling bahu membahu dengan pengusaha-pengusaha yang lain, jika mereka butuh ya kita bantu, kalau saya yang butuh mereka juga berbondong-bondong membantu” tutur pak Jainul

Disisi lain Taufik selaku mahasiswa yang memimpin jalannya program explore UMKM mengatakan proses pencarian informasi di desa tenun cukup sukses baik dari perangkat desa maupun masyarakat sekitar.

“Terimakasih dan Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan adanya bantuan dari perangkat desa dan masyarakat sekitar” ucapnya

 

(Khajaz)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.