Tuberkulosis : Apakah Tubuh Anda Mengenali Saya?

""

Bercak darah saat batuk bisa menandakan infeksi TB atau TBC (Foto : iStock)

PortalArjuna.Net- Health, Kasus pandemi Covid seiring mempengaruhi tidak hanya pada anjloknya nilai perekonomian, akan tetapi pada mental juga fisik. Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit ini sangat menyeramkan dan juga ada yang meremehkan.

Dibalik cerita tersebut masih banyak kasus penyakit yang juga sifatnya mewabah seperti Sars, TBC, HIV dan sejenisnya, salah satu yang akan dibahas adalah kasus TBC.

TBC ( Tubercolosis ) adalah sejenis penyakit yang menyerang paru-paru, disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberkulosis. Apalagi Kasus TBC di Asia Tenggara sempat menempati posisi ketiga terbesar dalam jangka 2 tahun terakhir.

Pengetahuan masyarakat tentang penyakit ini sangatlah penting, dan cara penularan yang sangat rentan terhadap seseorang yang memiliki sistem imun rendah. Jika mendapati kondisi yang telah diciri-cirikan jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter.

“Sekarang bisa khawatir terkena COVID, lalu pergi ke petugas, tapi bisa juga deteksi penyakit lain. Ada opportunity, ada hal positif yang bisa kita ambil dari penanggulangan COVID yang sedang diupayakan pemerintah,” ujar dokter paru yang juga mantan Dirjen Kemenkes tersebut.

WM

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.