Luapan Gunung Merapi, Semburkan awan panas

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Gunung Merapi luapkan awan panas. Di daerah perbatasan daerah istimewa Yogyakarta dan Jawa tengah. Terpantau sejauh 1,3 kilometer gunung Merapi mengeluarkan awan panas. Awan panas guguran Merapi tanggal 21 April 2021 pukul 14.48 WIB,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021). Gunung Merapi hari ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 55 milimeter dan durasi 132 detik. Hingga saat ini belum ada laporan dampak hujan abu.

“Estimasi jarak luncur awan panas kurang lebih 1.300 meter ke arah barat daya. (Saat erupsi) Angin bertiup ke timur,” ungkapnya

Sebelumnya gunung Merapi pada tgl 20 juga terjadinya erupsi pada gunung Merapi sebanyak 3 kali erupsi terakhir terpantau sejauh 1,5 kilometer panas dengan amplitudo 39 mm itu terjadi selama 118 detik.

Potensi bahaya terkena dampak guguran lava dan awan panas pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 kilometer. Dan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif terjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

(DM)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.