Pesantren Ngalah Terapkan Pengajian Kilatan Online di Masa Pandemi

""

PortalArjuna.net – Purwosari, Dimasa pandemi ini, Pondok Pesantren Ngalah Purwosari tetap adakan pengajian kitab kuning meskipun secara daring. Pengajian ini dimulai pada awal Bulan Ramadhan lalu (13/04/21) dan disiarkan secara live streaming di youtube pesantren.

Pengajian kitab bulan ramadhan yang biasa disebut dengan pengajian kilatan ini secara umum dibagi menjadi dua kelas. Untuk kelas ibtida’ kitab yang digunakan yaitu Dardirul Mihraj oleh Gus H. Muhammada, S.Pd, M.Pd. Sedangkan untuk kelas wusthiyah menggunakan kitab Bidayatul Hidayah yang dibawakan oleh Ustadz M. Faiduz Syukri.

Selain itu, ada beberapa program tambahan seperti Semaan Alqur’an bil ghoib “One Day One Juz”, Podcast Kepesantrenan setiap hari Sabtu, dan Jejak Rohani setiap hari Ahad. Seluruh program tersebut dapat ditonton secara live streaming di akun resmi youtube pesantren, Ngalah TV.

Program secara daring tersebut diharapkan santri tetap bisa mengaji dan belajar dari rumah dengan sehat dan terhindar dari penyebaran virus corona.

Seluruh santri diwajibkan untuk mengikuti pengajian kitab kuning secara online tersebut dari rumah. Hal itu menjadi persyaratan kembalinya santri kepesantren pada pertengahan bulan Mei mendatang.

Namun, sempat terjadi keluhan dari wali santri karena adanya beberapa kendala dalam pelaksaan pengajian online ini seperti suara yang tidak jelas.

“Kami dari tim Ngalah TV sudah menindaklanjuti dan terus mengusahakan. Untuk sementara, bisa memakai headset terlebih dahulu.” Ujar M. Jawharul Arifin selaku Direktur Ngalah TV.

 

(MM)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.