Kedua Kalinya, Warga Jawa Timur Rasakan Gempa

""

Sumber gambar : Google

PortalArjuna.net-Pasuruan, Gempa yang berkekuatan 6,2 magnitudo yang berpusat di 57 kilometer laut tenggara Kabupaten Blitar dengan kedalaman 110 kilometer dirasakan kembali oleh warga sekitar Jawa Timur pada Jumat malam, (21/05/2021).

Sebelumnya warga sekitar Jawa Timur pernah merasakan gempa yang berkekuatan 6,1 magnitudo di Malang pada hari Sabtu (10/04/2021) akan tetapi menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kedua gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami hanya saja bersifat merusak sehingga banyak rumah, bangunan maupun fasilitas umum yang rusak.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mencatat daerah yang terdampak gempa Blitar meliputi : Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang,  Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jember, Kabupaten Kediri, Kota Malang dan Kota Blitar.

Dengan adanya gempa yang mengguncang Blitar, BPBD Jatim meminta warga agar senantiasa waspada akan terjadinya gempa susulan. “Kami menghimbau warga waspadai gempa susulan terutama daerah yang berada di pesisir pantai selatan” tutur Satriyo Nurseno selaku Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jatim.

 

(NM)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.