3 Tips Agar Tetap Sehat di Saat Musim tak Menentu

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Bulan Juni menjadi masa-masa musim kemarau dengan angin yang berhembus, namun bukan berarti kita tidak waspada terhadap serangan penyakit, ingat kita masih dalam masa pandemi lonjakan kasus Covid-19 di berbagai daerah tetap ada.

Untuk itu menjaga kesehatan menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar kita dan keluarga tetap dalam keadaan sehat

Berikut beberapa tips hidup sehat :

1. Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi

Panas dan keringat pada musim kemarau dapat membuat tubuhdehidrasi sehingga menyebabkan kondisi kesehatan yang tidak diinginkan seperti demam dan menggigil.

Supaya tetap sehat selama musim kemarau, minum setidaknya 2-4 gelas air saat bangun pagi hari dan jumlah yang sama untuk aktivitas serta saat olahraga.

2. Konsumsi makanan sehat dan ringan yang tidak butuh banyak waktu untuk dicerna

Jika ingin tetap sehat selama musim kemarau, direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan ringan.

Fokus pada makanan yang lebih ringan, seperti salad, buah (jeruk, semangka, tomat), sayuran berdaun, green drinks, yang memiliki kandungan air tinggi serta tidak membutuhkan banyak waktu untuk mencerna.

Mengonsumsi makanan yang bersifat dingin dan ringan akan menyehatkan tubuh untuk beraktivitas di luar ruangan. Sertakan pula beberapa protein dalam 1 atau 2 kali waktu makan.

3. Tidur cukup

Tidur cukup minimal 8 jam sehari sangat disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama musim kemarau, terutama jika jadwal kegiatan Anda begitu padat di siang harinya. Dengan tidur cukup, Anda memberi tubuh waktu untuk beristirahat. Di saat inilah tubuh kembali memperoleh staminanya yang sempat hilang, sehingga saat bangun tidur Anda akan kembali merasa bugar. Jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun sebelum tidur, sehingga Anda bisa mengurangi intervensi kuman selama tidur.

(SNF)

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.