Bromo Tutup Selama Perayaan Kasada, Hotel Tak Boleh Terima Tamu. Kecuali Tamu Sudah Check In Sebelum Penyekatan

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Pemkab Probolinggo tetap memberlakukan larangan terhadap tamu yang menginap di hotel, agar tidak menerima tamu saat perayaan Kasada dilakukan yakni pada tanggal 24 sampai 26 Juni 2021 .

Meski demikian, pengunjung hotel yang sudah check in sebelum tanggal 24 Juni bisa tetap menginap. Hanya saja, mereka dilarang mengikuti kegiatan perayaan Yadnya Kasada.

Peraturan, termasuk pengecualian tamu hotel telah dibahas dalam rapat koordinasi dan sosialisasi persiapan pelaksanaan Yadnya Kasada tahun 2021. Supoyo, tokoh Tengger yang juga anggota DPRD Kabupaten Probolinggo menegaskan, pemkab sudah mengizinkan pelaksanaan Yadnya Kasada digelar.

Menurut Supoyo memang ada aturan-aturan yang harus diikuti. Antara lain, menerapkan protokol kesehatan dan perayaan Kasada hanya terbatas untuk warga Tengger. Mulai Tanggal 24 Juni pukul 06.00, warga luar Tengger tidak boleh naik. Nanti ada beberapa titik penyekatan

Aturan ini juga berlaku bagi tamu hotel. Menurutnya, hotel tetap boleh buka. Tamu hotel pun tetap boleh menginap. Syaratnya, mereka check in sebelum tanggal 24 Juni atau sebelum penyekatan untuk perayaan Yadnya Kasada dilakukan. Mulai tanggal 24–26 Juni, tamu hotel tidak bisa lagi naik.

Adapun tamu hotel yang sudah check in sebelum tanggal 24 Juni, hanya boleh menginap. Mereka tetap dilarang menghadiri perayaan Yadnya Kasada. Itulah mengapa ada titik-titik penyekatan yang digunakan untuk menghalau warga luar Tengger bergabung dalam perayaan Yadnya Kasada.

SNF

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.