Hari Ini dalam Sejarah: Pesawat Garuda DC-10 Terbakar dan Terbelah Tiga di Fukuoka

""


PortalArjuna-Net. JakartaHari ini 25 tahun lalu, tepatnya 13 Juni 1996 terjadi kecelakaan pesawat Garuda Indonesia Penerbangan 865 di Bandara Fukuoka.
Diberitakan Harian Kompas, 14 Juni 1996, Pesawat DC-10 Garuda terbakar dan terbelah menjadi tiga bagian di Fukuoka, Jepang. Dari 261 penumpang yang sebagian besar warga negara Jepang, tiga orang dilaporkan tewas.
Pesawat DC-10 dengan rute penerbangan Fukuoka-Denpasar-Jakarta itu gagal lepas landas di landas pacu 16 Bandara Fukuoka Jepang, 13 Juni 1996 pukul 11.58 waktu setempat.
Mesin sebelah kanan pesawat PK-GIE yang diawaki kapten pilot Ronald R. Longdong, kopilot Yudha Putra, dan teknisi Dwi Prayitno akhirnya terbakar dan terbagi tiga bagian.
Pesawat beregistrasi PK-GIE itu gagal mengudara akibat mesin CF6-50C General Electric di sayap kanannya terbakar.
Evakuasi terhadap penumpang dapat dilakukan cepat karena kedelapan escape chute berfungsi baik. Para penumpang bisa dengan cepat meninggalkan pesawat yang tengah terbakar melalu pintu darurat itu.
Walaupun pintu darurat berfungsi baik, tak urung sejumlah penumpang meninggal dan luka-luka. Kapten pilot Ronald R. Longdong termasuk yang luka, dan dilarikan ke RS Kyushu, Fukuoka. Kopilot Yudha Putra mengalami cedera punggung. Penumpang lainnya termasuk 11 awak kabin dan dua awak pilot selamat.
Pesawat ini mengangkut 261 penumpang terdiri 23 kelas bisnis dan 228 kelas ekonomi, sebagian besar dewasa.
SHB

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.