Jembatan Putus, Sungai Kaliwader Diguyur Hujan Deras

""

Gambar diambil dari rri.co.id

PortalArjuna.Net-Malang, Air sungai kaliwader usai diguyur hujan deras menyebabkan akses jalan menuju ke obyek wisata Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang terputus pada Rabu, 16 Juni 2021 malam. Tak hanya itu, tumpukan sampah yang menyebabkan aliran air menjadi tersumbat.

“Hujan lebat, aliran air mengalir deras dan di bawah jembatan tersumbat sampah sehingga jembatan tak layak dilewati,” Ujar Kepala Dusun Balearjo Wedi Awu, Purwodadi Kamis (17/6/2021).

Hujan deras terjadi sejak pukul 16.00-18.00 WIB air Sungai Kaliwader meluap dan mengalir deras dengan membawa sampah penduduk dan perkebunan bahkan juga menuju ke obyek wisata Pantai Lenggoksono.

“sampah ini dari permukiman di Desa Purwodadi, tetapi paling banyak sampah dari perkebunan saat masyarakat bercocok tanam, potongan kayu ini terbawa air turun ke sungai, ” terangnya.

Selain itu, Sebanyak 25 jiwa atau 5KK yang bermukim di tepi Pantai Lenggoksono terisolir. Pihak Desa akan memberikan sembako kepada korban tersebut.

“Akibat jembatan ini ada 25 jiwa yang terisolir, tidak bisa melewati jembatan ini” kata Kaur Kesra selaku warga setempat

Jembatan ini kontruksinya kuat tetapi arus air yang begitu deras dan tumpukan sampah begitu banyak sehingga menjadi pengaruh besar terhadap jembatan ini. Jembatan ini merupakan jalur satu satunya keluar masuk warga yang bermukim di tepi pantai, namun ada jalur alternatif melalui tambak udang yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.

“Untuk melewati jalur alternative harus memutar kurang lebih 1 km yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja” pungkasnya.

(Silviya)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.