KH. Nawawi Abdul Jalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Wafat

""

(Sumber : Tribunnews.com )

PortalArjuna.Net-Pasuruan, KH Nawawi Abdul Jalil pengasuh dari Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur telah meninggal dunia, Minggu (13/06/2021). Kabar tersebut dibagikan oleh akun Instagram resmi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama, @nahdlatululama.

“Pengurus besar Nahdlatul Ulama menyampaikan duka mendalam atas wafatnya KH.Nawawi Abdul Jalil (Mustasyar PBNU dan Pengasuh PP Sidogiri @sidogiri).

KH.Nawawi Abdul Jalil menggantikan ayahnya sebagai pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri sejak tahun 2005 setelah sang ayahanda meninggal dunia, KH Abdul Alim bin Abdul Djalil. Pondok Pesantren Sidogiri ini merupakan pesantren tertua di Indonesia.

Sidogiri dibabat oleh seorang sayid dari Cirebon Jawa Barat bernama Sayid Sulaiman. Sidogiri dipilih untuk dibabat dan dijadikan pondok pesantren karena diyakini tanahnya baik dan berbarakah.Terdapat dua versi tentang tahun berdirinya Pondok Pesantren Sidogiri yaitu 1718 atau 1745. Dikutip dari laman resmi Pesantren Sidogiri, sidogiri.net.

Dalam kenyataannya, versi  tahun 1745 inilah yang dijadikan patokan hari ulang tahun/ikhtibar Pondok Pesantren Sidogiri setiap akhir tahun pelajaran. (SB)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.