Mengenal Lebih Dekat Kemegahan Candi Pari Sidoarjo

""

PortalArjuna.Net-Sidoarjo, Candi Pari terletak di tengah lingkungan padat penduduk di Purbakala, Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo Meski begitu, candi tetap berdiri gagah tanpa terganggu dengan keramaian lingkungan padat penduduk ini. Bahkan, keberadaannya seolah-olah menjadi taman budaya bersejarah yang menyimpan keindahan tersendiri. Terutama struktur bangunan serta taman di sekitarnya.

Candi Pari namanya, disini sangat terawat dan dijaga oleh petugas. Diantara tiga candi yang ditemukan di Kecamatan Porong, Candi ini merupakan yang terbesar. Candi ini merupakan peninggalan zaman Kerajaan Majapahit, saat ini menjadi destinasi utama wisata budaya di Kabupaten Sidoarjo. Kata Sunardi wisatawan.

Candi Pari didirikan pada tahun 1293 Saka atau 1371 Masehi. Angka tahun ini dahulu juga di ukir pada batu yang ada di atas gerbangnya. Candi ini didirikan pada masa Kerajaan Majapahit yaitu pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk 1350 – 1389 M.

Seperti Candi Brahu yang ada di Mojokerto, candi ini terdiri dari candi tunggal. Yang mana memiliki bentuk bervolume, bukan ramping seperti candi di Jawa Timur pada umumnya. Meskipun candi Hindu, candi ini juga tidak terlalu menonjolkan arsitektur khas Hindu. Yang paling terlihat adalah dinding candi yang terbuat dari batu bata merah, bukan batu hitam.

UH

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.