Wabah Chikungunya Menyerang Kabupaten Mojokerto, 1.282 Sudah Terjangkit Penyakit Tersebut Sejak Awal Tahun

""

Portalarjuna.net-Mojokerto, Wabah Chikungunya kembali menyerang Kabupaten Mojokerto,sejak awal tahun lalu sudah ada 1.282 jiwa yang terserang ileh wabah ini.

“Sesuai laporan yang masuk ke kami, sejak Januari sampai Juni 2021, 1.282 jiwa terjangkit Cikungunya,” kata Plt Kasi Pencegahan dan pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas kesehatan Kabupaten Mojokerto Mochamad Arif Budi Santoso Kamis (17/06/2021).

Wabah Chikungunya meyerang pada 9 dari 18 Kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Kasus tertinggi berada di Kecamatan Mojoanyar, yakni mencapai 547jiwa. Disusul dengan Kecamatan Puri 191 kasus, Dlanggu 149, Gondang 130, Jetis 71, Jatirejo 63, Sooko 61, Ngoro 47, dan Kutorejo 23 kasus.

“Statusnya wabah Chikungunya karena kurangnya kebersihan masyarakat. Sejauh ini tidak ada yang sampai meninggal dunia,” tambah Arif.

Arif menjelaskan wabah Chikungunya terjadi juga karena cuaca yang tak menentu. Hujan yang kadang-kadang turun membuat nyamuk Aedes Aeghepti berkembang biak lebih cepat. Ditambah lagi kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup mereka.

Tak seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Chikungunya tidak mematikan. Penderita biasa mengalami gejala klinis berupa demam, nyeri pada otot dan sendi serta bengkak pada sendi, nyeri pada tulang , sakit kepala, muncul ruam di tubuh dan lingkungan.

 

(AQN)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.