Wisata Religi Mojokerto, Candi Jolotundo Airnya Dipercaya Suci dan Membawa Berkah

""

PortalArjuna.Net-Mojokerto, Tepatnya dijawa timur banyak sekali peninggalan pada masa terdahulu, memang punya banyak sekali peninggalan sejarah. Baik candi, museum dan lain sebagainya. Namun, banyak yang belum tahu, kalau di sini juga ada petirtaan yang merupakan peninggalan kerajaan. Namanya adalah Jolotundo. Salah satu situs bersejarah ini berada di lereng Gunung Penanggungan, tepatnya di Desa Seloliman Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto selalu ramai akan pengunjung, baik pengunjung lokal maupun luar lokal karena mereka mampercayai bahwa banyak sekali hal-hal yang akan dilakukan termasuk pemujaan peninggalan raja udayana, candi yang tidak lagi utuh, kolam ikan dan kolam buat mandi yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Masing-masing terdapat tempat yang dulunya merupakan tempat mandi, tapi sekarang pengunjung memanfaatkannya untuk tempat membasuh muka dan mencuci badan mereka dengan air yang dipercaya suci dan membawa berkah. Menurut warga sekitar pada saat malam Jum’at Legi lebih ramai pengunjung, mereka mandi untuk lebih awet muda, tutur pengunjung.

Lokasi Situs Jolotundo yang berada di lereng Gunung Penanggungan membuat suasana di tempat ini sangat asri dan juga berhawa dingin, utamanya saat pagi dan sore hari. Selain pepohonan hijau yang rimbun, kita juga bisa beristirahat sejenak di beberapa gazebo yang disediakan di bagian atas situs sambil menikmati ramainya pengunjung yang mandi di petirtaan.

UH

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.