Ciptakan Generasi Unggul di Bidang Jurnalis, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Adakan Diklat Jurnalistik

""

PortalArjuna.Net-Purwosari, Sebagai salah cara untuk mengembangkan potensi mahasiswa Ilmu Komunikasi di bidang Jurnalistik, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) mengadakan kegiatan Diklat Jurnalistik untuk yang pertama kalinya dengan mengangkat tema “Building News Citizen Journalism”. Kegiatan ini berlangsung pada 28 Oktober 2021, di hallmeet Gedung NKRI Universitas Yudharta Pasuruan.

Kegiatan yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini, diikuti oleh seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi semester tiga dan beberapa peserta dari lembaga SLTA, diantaranya SMA.Darut Taqwa, SMK.Darut Taqwa, dan MA.Wali Songo. Dalam sambutannya, Kepala Bidang Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi, Bapak Zainul Ahwan S.sos, M.I.kom menuturkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi dituntut untuk mampu menulis berita dengan baik. Karena memang kompetensi dalam bidang jurnalistik harus dimiliki oleh setiap lulusan sarjana Ilmu Komunikasi. Selain itu, pada masa saat ini banyak peluang untuk menjadi seorang jurnalistik bagi lulusan sarjana Ilmu Komunikasi.

Ary Suprayogi S.Pd, CEO Warta Bromo hadir sebagai pemateri kegiatan ini. Dalam materinya, beliau menjelaskan tentang beberapa dasar-dasar jurnalistik, tahap-tahap penulisan berita, bagaimana menjadi seorang wartawan yang baik, dan beberapa materi menarik lainnya. Selain itu, beliau juga membagikan pengalamannya sebagai seorang wartawan kepada peserta Diklat Jurnalistik. Hal tersebut tentunya mendapat antusias yang lebih dari para peserta.

Selain mendapatkan materi, peserta Diklat Jurnalistik juga diajak untuk terjun langsung ke lapangan untuk menjadi seorang Jurnalis. Peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok tersebut, dipecah ke beberapa tempat diantaranya, ke Pasar Purwosari, Perempatan Sengonagung, area Omik dan Omek, area wisata sekitar, dan area Yayasan Darut Taqwa. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian arahan dalam penulisan berita yang benar dari Ketua HIMAKOM, Taufik Hidayat.

“harapan saya semoga kegiatan Diklat Junalistik ini dapat mencetak generasi-generasi unggul di bidang Jurnalistik dan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya semester tiga yang sebentar lagi akan menggantikan posisi kami dari semester lima di Portal Arjuna” Ungkap Sholeh Bahrudin, Ketua Pelaksana Diklat Jurnalistik

 

(SB)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.