Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 Juli 2024

LMDH Mulyo Rejo Lakukan pembibitan Pohon Kelor (Moringa Oleifera) Di Kawasan TKSN

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Gambar : Pembuatan bibit pohon kelor (Moringa Oleifera) di kawasan TKSN

Portalarjuna.net- Pandaan, LMDH Mulyo Rejo kecamatan Prigen Kelurahan Leduk melakukan pembibitan dan penanaman pohon kelor (Moringa Oleifera) di kawasan Taman Kehati Sapen Nusantara (TKSN) hutan Arjuno (16/09/21).

Upaya penanaman pohon kelor dilakukan untuk mendukung program Herb Biodiversity (keaneka ragakan hayati berbasis herbal) di TKSN. Diketahu bahwa pengelolaan kawasan Taman Kehati Sapen Nusantara dikawasan hutan sapen saat ini difokuskan pada penguatan tanaman obat. Kasiman menuturkan bahwa di TKSN dilakukan penanaman pohon kelor. Menurut Kasiman ketua LMDH Mulyo Rejo, pohon kelor memiliki potensi tanaman obat dan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

“Kita targetkan 1000 pohon kelor tertanan di kawasan TKSN pada tahun 2021”. Tambahnya .

Selaras dengan itu, dikutip dari wikipedia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dari hasil analisis kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Amang FR, menambahkan pengelolaan kawasan TKSN berbasis herb biodiversity ini menjadi tema KEHATI sekaligus pemberdayaan masyarakat berbasis Konservasi. Kedepan tumbuhan potensi obat yang sudah diidentivikasi akan dijadikan produk kesehatan yang nantinya bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Kawasan Hutan Sapen Gunung Arjuno. Imbuh manager program kehati TKSN CV. Eksis Mandiri Nusantara.(IRN)

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial