Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Manfaatkan Potensi Tanaman Obat di TKSN, Tim Peneliti Yudharta Dan ITSNU Pasuruan Lakukan Penelitian Pemanfaatan Kecubung Putih Sebagai Pestisida Nabati Tanaman Kopi

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Gambar : Kegiatan penelitian lapangan pembuatan pestisida nabati untuk tanaman kopi

Portalarjuna.net- Pandaan, Taman Kehati Sapen Nusantara (TKSN) yang berlokasi kawasan Hutan Sapen Gunung Arjuna memiliki potensi tanaman herbal yang cukup melimpah. Dilansir dari penelitian tentang herb biodiversity dikawasan TKSN yang dilakukan oleh tim peneliti Universitas Yudharta Pasuruan dan ITSNU ditemukan 70 spesies dengan Tingkat Indek Keanekaragaman Tanaman Obat 3,14248 H’. Salah satu tanaman yang mempunyai potensi obat pestisida alami adalah tanaman kecubung putih.

Diinformasikan di TKSN juga terdapat tanaman agro foresty Kopi yang dijadikan sebagai tanaman ekonomis masyarakat kawasan hutan sapen. “di TKSN ada tanaman agro forestry tanaman kopi” Ujar Mbah Man sapaan akrab Ketua LMDH Mulyo Rejo.

Roisatul Ainiah, menjelaskan selama penelitian di kawasan TKSN menjumpai adanya penyakit tanaman kopi yaitu penggerek buah kopi (hypothenamus Hampei) yang membutuhkan solusi pestisida. Pihaknya berinisiatif akan melakukan kajian pemanfaatan kecubung bunga putih untuk dijadikan sebagai pestisida nabati tanaman kopi.

“Kita sudah melakukan penelitian lapangan dan sekarang tahapan penelitian laboratorium lanjutan pembuatan pestisida nabati dari kecubung putih kalau ini jadi produknya akan bermanfaat untuk petani kopi di TKSN dan mengurangi pestisida kimia”. Harap dosen pertanian Yudharta.

Mulyono Wibisono merespon positif inisiatif pembuatan pestisida nabati tersebut. “Produk pestisida nabati kecubung putih ini kalau jadi akan menjadi inovasi KEHATI yang punya nilai tambah untuk mendukung program di TKSN” Ujar CSR Coordinator PT. Tirta Investama Pandaan. (IRN).

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial