Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Peresmian Program Konservasi Perikanan Air Tawar Yang Bertajuk PAK WALI (Pusat Konservasi Iwak Kali) Di Dusun Sukun Desa Bakalan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net-purwosari, sebagai bentuk apresiasi kepada pemuda dusun sukun yang telah berhasil melakukan pemberdayaan masyarakat (29/11) Japan Tobacco International (JTI) Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Investasi Sosial Indonesia (YISI), melakukan peresmian atas program konservasi perikanan air tawar yang bertajuk PAK WALI (Pusat Konservasi Iwak Kali) di Dusun Sukun, Desa Bakalan, Pasuruan.

Kegiatan konversi ini bertujuan untuk pelestarian lingkungan desa dan pemanfaatan sumber daya ikan yang diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat.

Pemanfaatan sumber daya ikan ini awalnya merupakan inisiatif komunitas pemuda pemudi dusun sukun (PPDS). Dan sebagai visi komunitas tersebut adalah membangun desanya lebih maju..

Kegiatan pemberdaayan ikan ditujukan untuk memaksimalkan sumber daya alam yang ada mengingat di tengah desa tersebut dialiri saluran irigasi yang terus mengalir setiap hari.

Oleh karena itu komunitas pemuda di desa tersebut mendorong masyarakat untuk memanfaat kan saluran irigasi tersebut untuk budidaya ikan di beberapa kerambah yang sudah ada di beberapa titik sungai Adapun ikan yang di budidayakan diantaranya ikan jenis nila,tombro,koi.

Hal ini disambut baik oleh JTI Indonesia yang dalam beberapa waktu terakhir memfokuskan kegiatan pemberdayaan masyarakatnya pada pengembangan kapasitas yang berkelanjutan di Desa Bakalan.

Selain dari program konservasi perikanan, JTI Indonesia bersama dengan YISI dan organisasi lainnya telah mendukung pembangunan akses internet desa, mendorong pengelolaan sampah organik, pengolahan lahan menjadi area tanaman pangan.

“kami berharap budidaya perikanan di kampung Sukun ini dapat dikembangkan lebih lanjut, sehingga menjadi contoh bagi masyarakat yang ada di dusun lainnya, serta dapat mencapai tujuannya menjadi sebuah area edukasi dan wisata. Dengan demikian upaya yang dilakukan masyarakat ini dapat memberi manfaat ekonomi dan sosial kepada mereka sendiri dan masyarakat di desa, ujar Putri Sasongko perwakilan dari JTI Indonesia.

Imam salah satu tokoh pemuda dari PPDS menyambut baik kedatangan dari tim JTI Indonesia ke Dusun tempat tinggalnya tersebut.

Pemuda desa tersebut sangat berterima kasih karena dukungan JTI untuk memajukan desa dalam mengerbangkan budidaya ikan.

Andi m.s

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial