Pasuruan, Jawa Timur
Selasa, 16 Juli 2024

5 Keistimewaan Hari Jumat Yang Perlu Kalian Ketahui, Yuk Simak Penjelasannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Keistimewaan hari Jumat tersebut tak lain disebabkan karena adanya peristiwa hingga limpahan karunia dari Allah SWT.

Seperti halnya sabda Nabi Muhammad SAW: “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

Apa saja sih keistimewaan-keistimewaan pada hari Jumat yang harus kamu ketahui? Dilansir dari beberapa sumber, Tim Portal Arjuna telah merangkum beberapa keistimewaan hari Jumat.

  1. Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa
    Keutamaan hari Jumat yang membuatnya lebih istimewa dibandingkan hari lain adalah ini jadi waktu paling mustajab untuk menghaturkan doa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak sholawat pada hari Jumat.
  2. Hari Terbaik Untuk Bersedekah
    Hari Jumat juga dianggap sebagai hari terbaik untuk bersedekah. Di samping hari Jumat memang sebagai hari paling utama dalam Islam, sedekah sendiri adalah jenis amalan yang dapat membawa pahala berlimpah atau bahkan tak terputus bagi yang melakukannya.
    Apalagi jika sedekah yang dilakukan tergolong amal jariyah seperti membangun masjid atau memberi makan dan minum kaum duafa.
  3. Pahala Dilipat gandakan
    Pada hari Jumat, seluruh amalan yang telah dikerjakan seorang muslim akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Keutamaan hari Jumat yang satu ini disebut dalam firman Allah yang berbunyi sebagai berikut:
    “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah:216).
  4. Pahala amalan hari Jumat sama dengan puasa dan sholat malam dalam setahun
    Ketika berjalan untuk menghadiri khutbah Jumat, seorang Muslim mendapat pahala baik sholat qiyam (sholat malam) dan puasa setahun penuh. Aws ibn Aws meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa mandi pada hari Jumat setelah berhubungan seksual dengan istrinya, kemudian pergi lebih awal ke masjid dan menghadiri dari awal khutbah dan mendekati Imam, dan mendengarkannya dengan penuh perhatian, Allah akan memberinya pahala penuh puasa sepanjang hari dalam setahun dan menjaga malam di setiap malamnya untuk setiap langkah yang dia ambil menuju masjid.” [Ahmad]
  5. Terhindar dari Siksa Kubur
    Sudah disebutkan dalam sebuah hadist jika ada seseorang yang meninggal di malam Jumat atau hari Jumat, maka orang tersebut juga akan terhindar dari fitnah siksa kubur.

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur” (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).
Itulah beberapa keutamaan hari Jumat yang bisa kita jadikan pedoman untuk memperbanyak amal baik di hari tersebut

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial