Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 Juli 2024

Jadi Tema Google Doodle Hari Ini, Berikut Biografi Ibu Kasur

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Sandiah lahir di Jakarta, 16 Januari 1926. Beliau adalah sosok pendidik anak Indonesia yang mendapat julukan ibu kasur. Julukan itu karena suaminya Soerjono dipanggil pak kasur. Beliau mendapat kesempatan dibalik google Doodle hari ini, Minggu (16/01/22)

Dalam biografinya, beliau juga sebagai pemerhati anak-anak. Bukan hanya itu, ibu kasur dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak. Beberapa karya dari ibu kasur berjudul kucingku, bertepuk sebelah tangan dan main sembunyi.

Lagunya pun dibuat pendek-pendek agar memudahkan anak-anak dalam menghafal. Bahkan dalam salah satu lagunya ditiadakan huruf “r” dengan tujuan agar anak-anak tidak kesulitan dalam mengucapkannya.

Ibu kasur sering menjadi pembicara dibeberapa seminar yang berhubungan dengan dunia anak-anak.

Beliau dikenal dengan sosok keibuan yang penyayang dan sabar. Dan mengajarkan generasi muda di Indonesia tentang nilai-nilai moral.

Kepedulian ibu kasur dan suami pada dunia anak-anak, keduanya mendirikan sebuah sekolah anak-anak yang diberi nama TK Mini pada tahun 1965.

Beberapa lulusan dari TK Mini yang terkenal yaitu Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman dan Ateng.

Pada tahun 1988 bertepatan dengan hari Anak Nasional, ibu kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial