Pasuruan, Jawa Timur
Minggu, 3 Maret 2024

Terdampak Pandemi, Pabrik Tahu Tertua di Purwosari Alami Penurunan Penjualan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Purwosari, Di kecamatan Purwosari ternyata ada pabrik tahu yang sudah berdiri sejak 38 tahun yang lalu, tepatnya di jalan Sengonagung arah ke Puncak Nirwana. Bisa jadi pabrik tahu ini menjadi yang paling tua di daerah tersebut.

Pabrik tahu ini didirikan oleh Ibu Hj. Sutami pada tahun 1983. Sebelumnya beliau terlebih dahulu mendirikan pabrik tahu di Tumpang, Malang, kemudian beliau membuka cabang di Sengonagung.

Ibu Hj. Sutami menceritakan, sejak awal dibangun pabriknya memiliki karyawan kurang lebih 10 orang, para karyawan ini tinggal di lingkungan pabrik, namun sejak pandemi karyawannya berkurang menjadi 6 orang.

Dari awal, pabrik beroperasi dengan alat yang sederhana dan masih dipertahankan hingga sekarang. Tahu yang diproduksi pabrik ini menggunakan kedelai pilihan yang diimpor langsung dari Amerika.

Sebelum pandemi penjualan tahu pabrik ini berjalan lancar, namun adanya persaingan dari pabrik tahu lain dan pandemi yang melanda membuat penjualan tahunya mengalami penurunan.

“Semenjak pandemi, harga kedelai melonjak tinggi tapi harga jual tetap. Bukan hanya itu, Pondok Ngalah yang awalnya berlangganan disini kini beralih ke pabrik yang lain,” Ucap Ibu Hj. Sutami.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial