Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 18 Juli 2024

Tur Virtual Arkelogi Kemdikbud, Sarana Alternatif Belajar Sejarah Ditengah Pandemi

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net- Pandemi tak hanya menghambat kegiatan perekonomian masyarakat tapi juga semua kegiatan sekolah. Salah satunya adalah study tour yang biasanya banyak dilakukan sekolah sebagai sarana penunjang untuk menambah wawasan para siswa. Semenjak pandemi, selain karena sekolah yang diliburkan banyak pula pusat pusat kegiatan pengetahuan seperti museum dan situs situs sejarah yang tutup. Namun, berkat kecanggihan teknologi, kini kita bisa mengunjungi museum dan situs sejarah secara virtual.

Lewat program “Rumah Peradaban”, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) meluncurkan layanan Tur Virtual arkeologi. Tur Virtual arkelogi ini menyajikan gambaran lokasi situs arkeologi menggunakan teknologi VR Kamera yang merefleksikan gambar 360 derajat sehingga pengunjung benar-benar bisa berinteraksi dan merasakan kunjungan ke situs arkeologi secara langsung.

Tur Virtual arkeologi diprogramkan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui sebuah situs arkeologi tanpa harus dibatasi jarak, ruang gerak dan waktu. Masyarakat akan diperlihatkan penampakan sebuah lokasi situs secara interaktif, tidak perlu mengunjungi secara langsung ke lokasi situs, tapi cukup dirumah melalui komputer atau gawai yang dibekali dengan jaringan internet.

Saat ini dalam website tur virtual arkeologi tersebut, terdapat 6 situs yang dapat dikunjungi oleh masyarakat, yaitu situs Trowulan di Mojokerto, tur virtual Danau Mantano di Sulawesi Selatan, situs Dharmasraya di Sumatera Barat yang mengungkap sejarah perkembangan kerajaan Melayu, tur virtual candi-candi di Nganjuk, kawasan Gunung Sewu di Pacitan, Gua Harimau di Sumatera Selatan dan Maros Pangkep di Sulawesi Selatan.

Situs situs tersebut dapat langsung di kunjungi lewat website tur virtual arkeologi kemdikbud atau bisa langsung klik link berikut https://turvirtualarkeologi.kemdikbud.go.id/

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial