5 Keutamaan Bulan Rajab, Bulan untuk Memperbaiki Diri

""

Portal Arjuna — Tahun Hijriah memasuki bulan Rajab bertepatan dengan hari Kamis (03/2). Umat Islam bisa mendapatkan banyak keutamaan bulan Rajab dengan melakukan perbuatan baik. Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam penanggalan Hijriah. Pada tahun 2022, bulan Rajab dimulai dari 3 Februari hingga 5 Maret.
Berikut 5 keutamaan di bulan Rajab:

1. Bulan Haram
Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia karena termasuk dalam bulan haram bersama dengan tiga bulan lainnya, yaitu Dzulqa’adah, Dzulhijjah, dan Muharram. Merujuk pada Al-Qur’an at-Taubah ayat 36, di bulan haram, umat Islam dilarang menganiaya diri sendiri. Pada bulan ini juga tidak diperbolehkan melakukan perang. Setiap perbuatan dosa diberikan pahala yang lebih besar. Sebaliknya, setiap perbuatan baik akan dihargai lebih.

2. Bulan Isra Mi’raj
Pada bulan Rajab ada peristiwa penting bagi Nabi Muhammad SAW dan umat Islam, pada malam 27 Rajab Nabi melakukan perjalanan Isra Mi’raj. Perjalanan satu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian menuju langit menuju Sidratul Muntaha. Nabi Muhammad menghadap Allah SWT dan menerima perintah untuk melakukan shalat wajib 5 kali sehari.

3.Mendekati bulan Ramadhan
Memasuki bulan Rajab berarti semakin dekat dengan bulan Ramadhan. Setelah bulan Rajab akan ada bulan Sya’ban, kemudian bulan Ramadhan. Nabi menasehati umat Islam untuk berdoa di bulan Rajab untuk bertemu bulan rahmat, bulan Ramadhan.
Berikut doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh Nabi Muhammad ketika memasuki bulan Rajab:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان
Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’baana wa ballignaa ramadhona
Artinya:
Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.

4. Bulan pertobatan
Bulan Rajab adalah bulan untuk kita bertaubat kepada Allah dan memperbanyak istigfar.
Allah membukakan luasnya ampunan bagi siapa saja yang dengan tulus memohon ampunan. Oleh karena itu perbanyak taubat dengan istighfar.
Salah satu istighfar yang dianjurkan adalah sayyidul istighfar atau raja istighfar. Istighfar membuka ampunan Allah, memudahkan jalan rezeki, dan dijauhkan dari kesulitan.
Disarankan juga memperbanyak bacaan tasbih, tahmid, dan salawat, serta bersedekah.

5. Bulan Spesial
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku.”
Bulan Rajab adalah bulan yang istimewa, bulan salah satu bulan yang diharamkan. Di bulan Rajab ditegaskan bahwa ada larangan melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Selain itu, bulan ini harus bersih dari dosa, karena dosa selama bulan ini jauh lebih besar. Dan pahala amal kebaikan di bulan ini jauh lebih besar dari pada bulan-bulan lainnya, kecuali di bulan Ramadhan.

Perbanyak amalan untuk mendapatkan keutamaan di bulan Rajab ini.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.