Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Diperingati Setiap Tanggal 9 Februari, Berikut Sejarah Hari Pers Nasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Tanggal 9 Februari 2022 yang jatuh pada hari Rabu ternyata diperingati sebagai Hari Pers Nasional oleh Republik Indonesia.

Tanggal 9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional tentu memiliki sejarah yang melatar belakanginya.
Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari ternyata merupakan hasil kebijakan Presiden Soeharto yang pada tahun 1985 beliau mengeluarkan Keppres Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional.
Alasan dari kebijakan tersebut, Presiden Soeharto menerangkan bahwa pers nasional memiliki sejarah perjuangan dan peranan yang penting.

Oleh karena itu untuk melindungi kebebasan pers nasional Indonesia, ditetapkanlah tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Tanggal 9 Februari dipilih karena pada tahun 1946 terbentuk Persatuan Wartawan Indonesia pada tanggal tersebut di Solo, Jawa Tengah.

Presiden ke-2 Indonesia itu juga berpendapat bahwa peristiwa tersebut menjadi pendukung dan kekuatan pers nasional.
Dengan adanya peristiwa tersebut, maka sejak 1982 Hari Pers Nasional (HPN) menjadi peringatan tahunan yang wajib dan rutin dilaksanakan.

Sementara sejarah lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dimulai dari hasil pertemuan wartawan, pemilik surat kabar, majalah, dan wartawan pejuang seluruh Indonesia.

Dari pertemuan tersebut menghasilkan terbentuknya PWI sekaligus penunjukkan Mr. Sumanang Surjowinoto dan Sudarjo Tjokrosisworo sebagai Ketua dan Sekretaris PWI.
Selain penunjukkan ketua dan sekretaris, dibentuk pula sebuah komisi dengan delapan anggota, yaitu:

1. Sjamsuddin Sutan Makmur,
2. B.M. Diah,
3. Abdul Rachmat Nasution,
4. Ronggo Danukusumo,
5. Mohammad Kurdie,
6. Bambang Suprapto,
7. Sudjono, dan
8. Suprijo Djojosupadmo

PWI bukan satu-satunya organisasi yang berperan dalam memperjuangkan bangkitnya pers Indonesia, ada organisasi lain yaitu Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), yang berdiri di Yogyakarta, 8 Juni 1946.
Alasan terbentuknya SPS adalah karena pada waktu itu, pers nasional harus segera ditata dan dikelola, serta dikomersilkan mengingat pers asing dan penjajah masih ada dan berusaha mempertahankan pengaruhnya.
Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 mengambil tema Sultra Jaya Indonesia Maju dan dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada peringatan tahun ini akan didiskusikan peran pers yang bukan hanya sebagai penggerak informasi namun juga peran dalam pelestarian lingkungan.
Itulah sejarah Hari Pers Nasional yang ditetapkan dan diperingati setiap tanggal 9 Februari, semoga bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial