Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Kilas Balik Sejarah Peringatan Hari Radio Sedunia yang Jatuh Pada Tanggal 13 Februari

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Hari Radio Sedunia diperingati setiap 13 Februari, tepat pada hari ini Minggu 13 Februari 2022 merupakan peringatan Hari Radio Sedunia yang ke-11.

Radio adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di dunia dan digunakan untuk memperoleh berbagai macam informasi dari seluruh penjuru dunia. Radio sendiri, juga memiliki peran yang penting dalam banyak perjuangan dan revolusi.

Asal mula adanya ide Hari Radio Sedunia ini diusulkan oleh Kerajaan Spanyol pada tanggal 20 September 2010, yang kemudian oleh Dewan Eksekutif UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Culture Organization) memasukan agenda tersebut ke dalam agenda sementara untuk memproklamasikan Hari Radio Sedunia pada tanggal 29 September 2011.

Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa – Bangsa) mengesahkan agenda tersebut pada Desember 2012, sehingga menjadi hari yang dapat dirayakan oleh seluruh Negara anggota PBB. World Radio Day (WRD) atau Hari Radio Sedunia mulai diperingati setiap tanggal 13 Februari.

Hari Radio Sedunia diperingati tanggal 13 Februari karena, pada tanggal ini tahun 1946 PBB pertama kali mengoperasikan radio. Dengan radio mereka dapat menyampaikan informasi seputar aktivitas mereka kepada seluruh masyarakat di dunia.

Perayaan untuk Hari Radio Sedunia memiliki tema. Tema setiap tahun berbeda-beda seperti pada tema perayaan Hari Radio Sedunia pada tahun 2014 yang mengusung tema “kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan”, juga pada tahun 2015 dengan tema “muda dan radio”. Dan pada tahun ini 2022 dengan tema “Radio dan kepercayaan”. Di tahun ini, UNESCO menyerukan kepada stasiun radio untuk merayakan Hari Radio Sedunia dengan 3 subtema yakni :

  1. Kepercayaan pada jurnalisme radio (menghasilkan konten yang independen dan berkualitas tinggi)
  2. Kepercayaan dan aksesibilitas (jaga audiens anda)
  3. Kepercayaan dan kelangsungan hidup stasiun radio (pastikan daya saing)

Dibuatnya tiga sub-tema ini bukan tanpa alasan, UNESCO menilai saat ini akses digital terhadap informasi kian jauh dari kata setara.
Sebagai perbandingan, radio tetap terjangkau dan dapat didengar dimana saja dan kapan saja. Harapannya dengan diciptanya tiga sub-tema ini, Hari Radio Sedunia yang jatuh pada tahun ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap stasiun lokal mereka.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial