Langkah Mudah Pencegahan Penyakit DBD

""

PortalArjuna. Net-Pasuruan – Musim Hujan seperti saat ini, tentunya menyebabkan udara sekitar menjadi lebih lembab dan juga banyak terdapat air yang menggenang. Hal ini tetunya dapat memicu terjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue, atau yang sering disebut dengan DBD.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Virus Dengue, yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Seseorang yang telah terjangkit penyakit DBD, akan mengalami tanda-tanda seperti ruam merah diwajah dan dada, lesu, sakit kepala, dan nyeri pegal linu disekujur tubuh, khusunya punggung dan persendian. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan medis, hal tersebut akan berakibat fatal bagi kesehatan.
Untuk itu, kita perlu mengetahui beberapa cara untuk mencegah DBD. Dilansir dari beberapa sumber, berikut langkah pencegahannya :

1. Menerapkan 3M
3M merupakan program pemerintah untuk mencegah penyakit DBD. 3M tersebut berisi, M yang pertama, Menguras bak mandi secara berkala. M yang kedua, Menutup rapat tempat penampungan air, dan M yang ketiga Mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

2. Gunakan obat anti nyamuk
Untuk mencegah gigitan nyamuk, kita dapat menggunakan obat anti nyamuk berupa lotion atau spray yang tersedia di pasaran. Selain itu, kita juga dapat menggunakan pengusir nyamuk alami, seperti menggunkan minyak serai atau minyak kayu putih.

3. Kenakan pakaian tertutup
Saat musim hujan, sebaiknya menggunakan baju dengan lengan panjang dan celana panjang. Hal tersbut dapat mengurangi potensi dari gigitan nyamuk saat beraktivitas di luar ruangan.

4. Terapkan pola hidup sehat
Pola hidup sehat dapat diterakan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, beristirahat dengan cukup, dan berolahraga secara teratur. Hal tersebut jug dapat membantu kekebalan tubuh kita agar terhindar dari penyakit, tak terkecuali penyakit DBD.

Itu tadi beberapa langkah mudah pencegahan penyakit DBD, jangan lupa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita semua terhindar dari penyakit DBD.
AMF

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.