Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Begini Cara Desa di Kabupaten Pasuruan ini Menjaga Kelestarian Kesenian Jaranan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Kesenian Jaranan menjadi salah satu kesenian tradisional yang masih cukup digandrungi masyarakat. Hal inilah yang membuat Pemerintah Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berupaya untuk menjaga kelestarian seni yang khas dengan tariannya tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tlogosari adalah dengan memberikan pembinaan dan pelatihan kepada kelompok kesenian yang ada di desa setempat.

“Jadi dalam pembinaan ini, kita datangkan guru tari,” kata Wasi’in (60), Rabu (09/Maret/2022).

Menurut Wasi’in, guru tari tersebut sengaja dihadirkan untuk meningkatkan kemampuan seniman jaranan di desanya.
Selain pelatihan, pemerintah Desa Tlogosari juga memberikan bantuan berupa peralatan untuk kesenian jaranan, mulai dari alat musik seperti Gendang, Saron, Gong besar dan kecil, Kuda Lumping serta Cambuknya.

Wasi’in menilai bahwa kesenian jaranan merupakan aset yang harus dijaga dan dilesatarikan.

“Sehingga kita munculkan semangat, support dari pemerintahan desa dengan cara memberikan pembinaan dan menambah alat-alat yang diperlukan untuk kegiatan jaranan tersebut,” tuturnya.

Wasi’in berharap, apa yang dilakukan pemerintah Desa Tlogosari tersebut mampu memberikan kontribusi dalam menjaga kelestarian seni jaranan di Pasuruan.

“Tentu kami juga berharap dapat memberikan kegiatan positif untuk karang taruna, bisa menyalurkan kegemarannya, mampu membawa nama Desa Tlogosari di kalangan seni serta berkontribusi terhadap PAD melalui sinergi dengan BUMDES,” tutur Wasi’in.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial