Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Minimalisir Para Pengguna Jalan yang Melanggar, Mobil INCAR Turun Tangan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Madiun, Demi meminimalisir pelanggaran yang dilakukan para pangguna jalan, Satlantas Polres Madiun menerjunkan mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).
Kendaraan yang dikatakan sebagai “mata-mata pintar” ini merupakan sejenis mobil SUV yang ditanam perangkat lunak dan mampu merekam sampai 350 pelanggaran dalam sehari.

Kanit Turjawali Polres Madiun Darwanto memaparkan bahwa mobil INCAR ini punya kemampuan untuk mendeteksi segala jenis pelanggaran lalu lintas dan penggunaanya sementara untuk menertibkan para pengendara roda dua.

Terutama mereka yang tidak mau memakai helm, pengendara di bawah umur, bermain gawai saat berkendara, menerobos lampu merah, melanggar marka jalan hingga aktifitas yang meresahkan masyarakat seperti balap liar dan konvoi geng motor.

“Pelanggaran otomatis terekam kamera yang terpasang di atas mobil. Pengambilan data melalui pelat nomor yang terkoneksi ke STNK serta KTP. Setelah data diinput, pelanggar akan menerima surat konfirmasi dilengkapi foto ketika melanggar,” kata Darwanto menjelaskan mekanisme mobil INCAR.

Seringkali para pelanggar lalu lintas merasa tidak terima ketika sudah ditegur oleh para petugas Satlantas hingga terjadi pedebatan. Dengan adanya teknologi mobil INCAR dan juga berbagai kelebihannya, diharapkan hal tersebut dapat dihindarkan.

Penerapan pendeteksi pelanggaran ini sudah dilakukan sejak bulan Januari lalu, dan sampai bulan Maret ini Satlantas Polres Madiun telah mengeluarkan 230 surat tilang.

“Pelanggar yang sudah menerima surat konfirmasi dapat mengikuti sidang secara langsung maupun menitip dengan membayar melalui ATM atau aplikasi SKRIP alias Skrining Riwayat Pengendara. Untuk pengurusan tilang maksimal dua minggu setelah terbit surat konfirmasi. Lebih dari itu akan diblokir sehingga tidak dapat membayar pajak tahunan,” ucap Darwanto menambahkan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial