Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Sejarah Hari Musik Nasional, yang ditetapkan Pada 9 Maret

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Pasuruan, 9 Maret telah ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keputusan ini tertuang dalam Keppres (Keputusan Presiden) Nomer 10 tahun 2013.

Keppres menyebutkan bahwa musik sebagai ekspresi yang bersifat universal juga multidimensional. Musik juga dipercaya dapat merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, sehingga mempunyai peran strategi dalam pembangunan nasional.

Sejarah dibalik Hari Musik Nasional

Peringatan Hari Musik Nasional merupakan peringatan untuk mengeneng Wage Rudolf (WR) Soepratman sang pencipta lagu Indonesia Raya.

Tanggal 9 Maret ini diambil dari tanggal lahir WR Soepratman. Tapi uniknya tanggal lahir WR Soepratman sendiri tidak diketahui secara pasti.

Ada yang menyebut bahwa ia lahir pada 9 Maret 1903. Namun, banyak juga yang meyakini bahwa ia lahir pada tanggal 19 Maret. Sempat menjadi perdebatan, pada akhirnya tanggal 9 Maret lah yang dipilih menjadi hari peringatan musik nasional.
Pertama kali diperingatinya Hari Musik Nasional yakni pada 9 Maret 2013. Namun, rupannya Persatuan Artis, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) sebenarnya sudah mengisiasi peringatan Hari Musik Nasional pada tahun 2003. PAPRI membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkannya.

Peringatan ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, dan meningkatkan prestasi musik Indonesia.
Adanya peringatan ini juga merupakan harapan agar masyarakat lebih mencintai dan menghargai tanah air.

Sosok WR Soepratman

WR Soepratman tertarik pada musik bermula saat kakak ( Roekijem ) dan kakak iparnya ( W.M Van Eldick ) mengenalkan ia pada musik.

Karir WR Soepratman dalam dunia musik tidak lepas dari peran sang kakak ipar. Ia dan kakak iparnya mendirikan Grup Jazz Band bernama Black and White.

WR Soepratman sangat pandai dalam bermusik dan menciptakan lagu-lagu perjuangan, salah satu karyanya yakni lagu kemerdekaan kita Indonesia Raya.

Hingga saat ini, lagu kemerdekaan Indonesia Raya selalu berkumandang tidak hanya ketika upacara bendera atau Hari Kemerdekaan Indonesia saja. Melainkan dalam kegiatan-kegiatan maupun acara-acara resmi apapun muali dari acara kecil maupun besar.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial