Tanggal 12 Maret Tidak Ada Peringatan Hari Penting, Namun Banyak Peristiwa yang Jadi Sejarah

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Bertepatan pada hari Sabtu besok jatuh di tanggal 12 Maret 2022. Terhitung Dalam kalender Gregorian, 12 Maret 2022 merupakan hari ke 71 atau ke 72 dalam tahun kabisat, Sedangkan dalam kalender Islam bertepatan dengan tanggal 8 Sya’ban 1443 Hijriyah.

Pada 12 Maret 2022 tidak ada hari peringatan penting, akan tetapi dalam sejarah terdapat banyak peristiwa yang pernah terjadi. Adapun peristiwa yang terjadi di Indonesia pada tanggal 12 Maret Tahun 1942 terjadi peristiwa Perang Dunia II: Pertempuran Jawa berakhir dengan menyerahnya ABDACOM kepada tentara Jepang di Bandung.

Kemudian pada tahun 1967 dilangsungkan sidang MPRS yang menunjuk Soeharto menjadi pejabat Presiden Indonesia.
Sedangkan di dunia internasional terdapat banyak peristiwa yang pernah terjadi. Beberapa diantaranya adalah, pada tahun 1950 Bencana udara Llandow terjadi di dekat Sigingstone, Wales, ketika 80 orang tewas saat pesawat mereka jatuh dan menjadi kecelakaan pesawat paling mematikan pada masa itu.

Lalu pada tahun 2003 badan kesehatan dunia WHO, mengeluarkan peringatan global tentang terjadinya pandemi SARS.
Dan pada tahun 2011 lalu, Salah satu reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi meleleh, meledak dan melepaskan radioaktif ke atmosfer setelah terjadi gempa bumi di Jepang.
Itulah peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 12 Maret. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi masa yang akan datang dan tidak pernah dilupakan.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.