Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 Juli 2024

Keren, Dua Desa di Purwosari Ini Masuk 500 Besar ADWI 2022

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net-Pasuruan, Dua desa di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan masuk nominasi 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 gelaran Kementrian Pariwiasata dan Ekonomi Kreatif.

Dua desa tersebut yakni, Desa Kertosari dan Cendono. Dua desa itu lolos setelah mendapatkan kurasi dari juri dan diumumkan Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Selasa (19/4) Kemarin.

Buhajar selaku pengelola Desa Wisata Kertosari menyambut baik kabar penentuan nominasi 500 besar itu.

“Alhamdulillah tahun ini bisa masuk 500 besar. Manajemen Desa Wisata Kertosari dan Pemerintahan Desa menyambut baik pencapaian itu”, ujarnya.

Terpisah, pegiat sekaligus Pendamping Pengembangan Desa Wisata Kabupaten Pasuruan Arif H. Ayik memberikan apresiasinya kepada dua desa di Kabupaten Pasuruan itu.

“Tentu kami sangat bangga dengan capaian teman-teman pegiat dan Pemdes di dua desa wisata tersebut. Mengingat ada ribuan desa wisata se-Indonesia yang ikut even ADWI ini”, kata pria yang juga pengurus Forkom Pokdarwis Kabupaten Pasuruan.

Menurut Ayik, secara keseluruhan pada 2022 ada sebanyak 3.419 desa wisata dari seluruh Indonesia yang mengikuti seleksi. Angka tersebut naik drastis dari 2021 yang sebanyak 1831 pendaftar.

“Hal ini merupakan apreasiasi dan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat Indonesia,” lanjutnya.

ADWI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Kemenparekraf dalam rangka mewujudkan desa wisata berkelas dunia dan berdaya saing global dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial