Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Siapkan Kader Unggul ditengah Masyarakat, PKPT IPNU-IPPNU Yudharta Gelar Kegiatan Mahasantri Mengabdi

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.net- Momentum bulan Ramadhan dimanfaatkan oleh Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Yudharta untuk menggelar kegiatan Mahasantri Mengabdi. Kegiatan yang berpusat di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan tersebut, berlangsung sejak Sabtu malam sampai Rabu pagi (16-20/04/2022).

Mahasantri Mengabdi merupakan wujud kader PKPT IPNU-IPPNU Yudharta untuk mengabdi secara langsung kepada masyarakat. Desa Ngadirejo sengaja dipilih karena desa tersebut masih kental dengan keberagaman budaya serta agamanya. Diketahui terdapat 3 agama yang hidup berdampingan didalam masyarakatnya, yakni Agama Islam, Hindu, dan Kristen.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Mahasantri Mengabdi antara lain, pengecetan musholla, bersih-bersih lingkungan desa, tadarus Al-Qur’an, tarawih berjamaah, sarasehan lintas agama, khataman nuzulul qur’an, dan pengajian oleh Ust.Achmad Affandi.

Kegiatan Sarasehan Lintas Agama menjadi kegiatan yang paling menarik dalam Mahasantri Mengabdi. Pasalnya, kegiatan tersebut menghadirkan 3 tokoh penting dari 3 agama sekaligus, diantaranya, Bapak Jro Pinandita Sutiko selaku perwakilan dari Agama Hindu, beliau merupakan juru pemangku Pura Tengger, Pendeta Ishak Sutaji S.Pd., M.A selaku perwakilan dari Agama Kristen, beliau merupakan Koordinator Lembaga Kristen Kec.Tutur dan H. Muzammil Syafi’i selaku perwakilan dari Agama Islam, beliau merupakan anggota DPRD Jawa Timur.

Nofan, selaku ketua pelaksana kegiatan menuturkan, bahwa tujuan dari Sarasehan Lintas Agama tersebut adalah untuk memberikan wawasan yang lebih kepada para kader agar mampu menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

“Sesuai dengan kampus kita yang terkenal dengan slogannya ‘The Multicultural University’, maka kegiatan ini juga sejalan dengan slogan tersebut, karena dengan adanya kegiatan ini para kader dapat menerapkan sikap toleransi secara langsung ditengah masyarakat,” Terangnya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa kegiatan Mahasantri Mengabdi juga bertujuan untuk mempersiapkan para kader agar mampu terjun ditengah masyarakat.

“dengan adanya kegiatan Mahasantri Mengabdi ini, para kader akan mengetahui bagaimana caranya berinteraksi dengan masyarakat secara langsung. Karena terjun ditengah masyarakat tidak semudah saat kita terjun didunia perkuliahan,” Ujarnya.

Untuk itu, ia berharap setelah adanya kegiatan Mahasantri Mengabdi, para kader sudah siap dihadapkan dengan masyarakat, serta mampu mempraktekkan sikap toleransi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. (AN)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial