Tips Menurunkan Berat Badan Anti Mainstream di Bulan Puasa

""

PortalArjuna.Net, Purwosari- Seperti yang kita tau, saat ini seluruh masyarakat Indonesia tengah menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan. Ibadah puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap umat muslim. Selain itu, tidak jarang orang juga memanfaatkan momentum ini sebagai waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Berat badan seseorang biasanya dipengaruhi oleh pola makan, aktifitas, dan gaya hidup masing-masing. Seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan jumlah gizi seimbang, maka berat badannya akan tetap ideal. Namun sebaliknya, jika seseorang mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi kurang atau bahkan mengkonsumsi makanan tinggi yang mengadung lemak secara berlebihan, maka berat badannya akan cenderung naik.

Untuk itu, di bulan puasa ini ada beberapa tips unuk menurunkan berat badan sembari menjalankan ibadah puasa. Berikut ini beberapa tips yang dilansir dari beberapa sumber, diantaranya :

1. Tidak Meninggalkan Sahur

Menurunkan berat badan tidak menjadi alasan seseorang untuk tidak makan sahur, karena hal tersebut sangat tidak disarankan. Sahur adalah bagian terpenting dalam berpuasa.

Dengan menyantap makanan yang memiliki kalori seimbang dan makan makanan dengan gizi yang cukup saat sahur, akan membuat kita mampu mengontrol makanan yang kita makan saat berbuka. Sebaliknya, jika kita melewatkan sahur, maka kecil kemungkinan kita bisa mengontrol makanan yang kita makan saat berbuka, hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi saat seharian berpuasa.

Untuk itu, tetaplah sahur meskipun sedang menjalankan masa menurunkan berat badan.

2. Memakan Makanan dengan Gizi yang Seimbang

Menjalankan masa menurunkan berat badan dengan cara defkal atau defisit kalori ternyata lebih mudah, makan dengan porsi yang cukup dan dengan takaran gizi yang seimbang, maka akan membuat tubuh tercukupi semua kebutuhannya.

Makanan dengan gizi yangan seimbang bisa kita dapatkan melalui banyak minum air putih saat sahur dan berbuka, memperbanyak menu sayur dan buah-buahan saat sahur dan berbuka, serta tidak terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak tinggi.

3. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Berpuasa bukan menjadi alasan kita untuk tidur dan bermalas malasan, meskipun tidur saat puasa dapat menjadikan pahala bagi kita, namun alangkah baiknya jika kita tetap menjalani aktifitas seperti hari biasa. Dengan rutin berolahraga, menjadikan tubuh tetap fit saat berpuasa.

Selain itu, berolahraga secara rutin juga dapat menurunkan berat badan jika dilakuakn seacara teratur. Tidak perlu melakukan olahraga berat yang melelahkan, cukup dengan melakukan olahraga ringan, maka ini akan membantu proses penurunan berat badan.

Dari tips-tips yang telah kita ketahui diatas, menurunkan berat badan saat berpuasa ternyata lebih mudah, asalkan kita tetap memperhatikan pola makan dan tetap menerapkan pola hidup sehat pada diri kita masing-masing.

VN

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.