Pasuruan, Jawa Timur
Jumat, 26 April 2024

Waspada Dalam Mencari Informasi, Berikut 4 Tips Menghindari Berita Hoax

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna-Net. Di zaman digital ini banyak informasi dan berita Hoax yang disebar oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

jika tidak berhati-hati, berita hoax ini dapat menimbulkan berbagai dampak seperti masalah di bidang politik, ekonomi,sosial, keamanan, bahkan dapat mengancam keutuhan suatu negara.

Selain itu, berita hoax juga dapat mempengaruhi pola pikir seseorang sehingga dapat menimbulkan suatu perbedaan pandangan yang dapat memicu adanya kericuhan.

Berita hoax ini tidak hanya dialami oleh Indonesia saja melainkan diseluruh dunia karena kecanggihan informasi saat ini.

Maka dari itu, kita harus mampu menanggulangi hal yang tersebut dengan cara :

1. Hati-hati dengan judul provokatif.

apabila menjumpai berita dengan judul provokatif, sebaiknya Anda mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau tidak. Dengan demikian, cara itu bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.

2. Cermati alamat situs.

Untuk informasi yang diperoleh dari website atau link, cermati alamat URL situs tersebut. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi, maka informasinya bisa dibilang meragukan.

3. Memeriksa fakta.
Mengamati perbedaan antara berita yang dibuat itu berdasarkan fakta atau opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita.

4. Cek keaslian foto.

Cara untuk mengecek keaslian foto bisa menggunakan teknik reverse image search, teknik ini dapat dilakukan dengan menelusuri foto menggunakan mesin pencari seperti Google, TinEye, Yandex, dan Bing.

Itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan agar tidak serta merta termakan berita hoax, semoga bermanfaat.***

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial