Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 Juli 2024

Yuk Intip 5 Rekomendasi Pusat Takjil yang Ada di Berbagai Daerah, Mulai Pasar Benhil Hingga Pasar Sunan Ampel

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Pada bulan ramadhan selain menjalankan ibadah seperti puasa dan tarawih, ada tradisi yang selalu ada ketika menjelang berbuka, yaitu berburu takjil.

Biasanya para penjual takjil akan menjajakan makanan dan minuman di pasar atau di pinggir-pinggir jalan yang ramai dilalui orang.

Dirangkum Tim Portal Arjuna dari berbagai sumber, Berikut ini adalah daftar rekomendasi 5 tempat yang cocok bagi kalian yang ingin berburu takjil untuk teman berbuka puasa.

1. Lampineung – Banda Aceh

Sepanjang Jalan Panglima Nyak Makam, Lampineung, Kamu akan disuguhkan ratusan pedagang yang memanjakan para pemburu takjil.

Semua jenis makanan bisa dengan mudah Kamu temui di lokasi ini, mulai dari aneka minuman, makanan dan camilan gorengan.

2. Pasar Benhil – Jakarta

Pasar Bendungan Hilir (Benhil) merupakan sentral jajanan di bulan puasa yang digagas oleh Forum Peduli Benhil sejak 1985.

Awalnya, bazar takjil ini hanya menjajakan gorengan dan minuman di atas meja yang berjumlah 15 meja namun seiring berjalannya waktu bazar ini berubah menjadi pasar dan menjual berbagai macam makanan sampai 100 meja, ditempatkan di gedung khusus.

Di pasar tersebut, bagi yang ingin menu yang lembut-lembut dan tidak terlalu kenyang, ada es pisang ijo, es teler dan kolak dengan harga beragam mulai dari Rp 2.000-20.000, tergantung jenis makanan dan berapa banyak yang dipesan.

3. Pasar Atom – Surabaya

Pasar yang berlokasi di Jalan Ratna, Kecamatan Ilir Barat I, itu merupakan salah satu lokasi yang direkomendasikan untuk mencari takjil maupun lauk pauk untuk berbuka puasa.

Berbagai macam takjil tersedia di pasar beduk tersebut, mulai dari pempek, risol, berbagai kue basah, dan macam takjil lainnya.

Bahkan pedagang juga menawarkan lauk pauk dan sayur matang seperti ayam bakar, ayam goreng, sate cumi, sate kerang.

4. Pasar Ramadhan Kauman – Jogja

Beda lagi dengan Yogyakarta. Kota pelajar ini memiliki kawasan sentra takjil bernama Pasar Ramadhan Kauman. Pasar itu hanya buka di bulan Ramadan saja.

Lokasinya berdekatan dengan Masjid Gede Kauman. Terkenal dengan masyarakat yang religius, Kampung Ramadhan Kauman sudah ada sejak 1990-an.

Di sini, pengunjung bisa mencoba jajanan khas warga Kauman yang hanya dijual saat Ramadan, yakni Kicak.

Kicak adalah takjil tradisional yang terbuat dari nangka, jadah ketan, kelapa muda, gula pasir, pandan, dan vanili. Biasanya dijual per bungkus dengan harga terjangkau.

5. Kawasan Masjid Ampel – Surabaya

Surabaya juga memiliki sentra untuk berburu takjil saat Ramadan datang. Lokasinya tepatnya berada di kawasan Masjid Sunan Ampel, Semampir, Kota Surabaya. Daerah tersebut adalah kawasan perkampungan Arab.

Pembeli bisa membeli aneka hidangan khas Timur Tengah untuk berbuka puasa, seperti kue pukis Arab, kue lumpur Arab, dan sambosa. Selain mengenyangkan, kue-kue itu juga bisa tahan hingga dua hari.

Warga juga bisa memborong makanan lokal, seperti pastel, bongko, atau pisang goreng di sini.

Itulah daftar tempat yang jadi pusat berjualan takjil dan bisa menjadi rekomendasi untuk kalian jika berkunjung ke kota-kota tersebut.***

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial