Tanggal 6 Juni Lahirnya Putra Bangsa, Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia

""

Portalarjuna.Net – Ir. Soekarno atau sering dipanggil Bung Karno ialah salah satu tokoh penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia yang menjabat sebagai presiden pertama Republik Indonesia, beliau lahir pada 6 Juni 1901 di Kota Surabaya.
Bung Karno adalah putra dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida ayu Nyoman Rai.

Nama kecil Bung Karno ialah Kusno, namun karena sakit-sakitan, beliau mengganti namanya menjadi Soekarno.
Sejak kecil, Bung Karno adalah anak yang berprestasi, sebab kecerdasannya beliau menjadi sosok yang berperan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Bung Karno mampu mengobarkan semangat rakyat Indonesia dengan pemikiran-pemikiran yang mendorong semangat juang generasi muda Indonesia.

Bahkan sampai saat ini isi pidato beliau masih disukai dan dijadikan pembakar semangat generasi penerus bangsa.
Bung Karno merupakan pahlawan yang sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Namun jasa-jasanya tidak hanya dikenal di dalam negeri saja, melainkan juga di tingkat Internasional.

Semasa hidupnya, Bung Karno menikah sebanyak sembilan kali. Kharisma luar biasa yang dimiliki oleh bung Karno membuat wanita cantik terkesima dan kemudian mau menjadi istri beliau.

Seiring berjalannya waktu, usia telah menjadi hal yang nyata. Bung Karno yang sudah tua pun kerap sakit dan akhirnya wafat di tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta tepatnya di Wisma Yaso.

Jenazah beliau dikuburkan di Blitar dan sampai saat ini menjadi ikon tanah kelahirannya tersebut. Tiap tahun, jutaan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri datang untuk ke makam beliau, apalagi saat ada peringatan haul Bung Karno.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.