Pasuruan, Jawa Timur
Jumat, 12 Juli 2024

Bantu Inovasi Desain Produk UMKM Desa Wonosunyo, KKN UYP Gelar Workshop, Pengembangan Produk UMKM di Desa Wonosunyo

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
(Doc.kkn24.120722. Peserta Workshop dan KKN24)

Desa Wonosunyo terletak di daerah lereng gunung penanggungan, tepatnya berada di kec. Gempol. Selain terkenal dengan icon wisatanya, desa Wonosunyo juga sebenarnya memiliki beberapa produksi maupun sumber alam yang belum dikenal di masyarakat luas. Melalui beberapa observasi yang dilakukan oleh peserta KKN 24 Universitas Yudharta Pasuruan inti dari permasalahan UMKM di desa Wonosunyo adalah cara pemasaran. Menurut hasil beberapa wawancara yang kami dapat, di Wonosunyo terdapat sekitar kurang lebih 24 UMKM yang mencakup produk secan, samiler, kripik singkong, wedang uwu, kunir,dan jahe

Berangkat dari latar belakang tersebut kelompok 24 KKN SDGs berinisiatif menyelenggarakan Workshop yang berjudul “Pelatihan Pemasaran dan Desain Produk UMKM” dengan mengusung tema “Pengembangan Produk UMKM di desa Wonosunyo”. Harapannya dari Workshop ini mengembangkan inovasi kreatif pemilik UMKM di desa Wonosunyo.

Pada hari selasa tanggal 12/07/2022 di balai desa Wonosunyo, di selenggarakanlah acara UMKM tersebut. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih sekitar 24 Peserta yang terdiri dari peserta UMKM, Pemuda karang taruna Dusun, dan beberapa perangkat desa. Adapun sesi pertama Workshop di buka oleh Sekdes selaku perwakilan dari Bapak Saleh Kepala Desa Wonosunyo. Beliau menyambut baik dengan adanya Workshop Pengambangan UMKM di desanya. Harapan beliau dengan adanya Pelatihan Pemasaran dan Desain Produk UMKM ini semoga dapat membantu perkembangan, pertumbuhan, dan perekonomian yang ada di desa Wonosunyo terutama pelaku UMKM yang ada di desa Wonosunyo.

  1. (Doc.kkn24.120722. Narasumber Workshop)

Sesi kedua di isi materi tentang desain produk UMKM yang di isi oleh Saudara Riziq Sofyan selaku alumni dari Universitas Yudharta Pasuruan. Beliau menyampaikan dalam Workshop tersebut “Desain produk sangat penting dalam menarik calon konsumen untuk membeli produk kita, karena pertama kali yang di lihat dari suatu produk adalah kemasannya. Yang kedua adalah kualitas produk yang baik, dan yang tidak kalah penting adalah sasaran pasar yang harus sesuai dengan produk kita”

Sesi ketiga di isi dengan tanya jawab dan pelatihan membuat desain produk. Dimana dalam sesi tanya jawab salah satu peserta bertanya “Apa hal yang terpenting agar pelaku usaha UMKM dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas?” ujar salah satu peserta. Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah “Ada tiga poin penting yang harus kita lakukan. Yang pertama kita harus konsisten dalam mempromosikan produk, kedua harus terus berinovasi dalam mengembangkan produk dan terahir harus mempunyai pemikiran konsep dagang yang kreatif.”Jawab saudara Riziq“

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial