Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

BELAJAR MENJADI ORANG TUA YANG BERTANGGUNG JAWAB! MAHASISWA KKN UNIVERSITAS YUDHARTA IKUT MENJADI PESERTA DALAM (TPK) PELATIHAN TIM PENDAMPING KELUARGA

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PASURUAN – Pihak kecamatan rembang mengadakan pelatihan tim pendampingan keluarga kepada calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca melahirkan, dan diikuti oleh bebrapa mahasiswa kkn universitas yudharta kelompok 28. Acara pelatihan diselenggarakan pada tanggal 06 juli 2022 di balai desa pajaran rembang. Pelatihan ini bertujuan untuk menurunkan angka stunting di kecamatan Rembang.

Salah satu perwakilan mahasiswa kkn univaesitas yudharta membagikan pengalaman mengikuti pelatihan pendampingan keluarga,”banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, yaitu saya lebih mengerti arti dari stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita (dibawah 5 tahun) akibat kekurangan gizi kronis dan menhyebabkan anak terlalu pendek usianya. Dan saya juga memahami bagaimana kelak menjadi orang tua yang bertanggung jawab”, ujar Alwi selaku perwakilan mahasiswa KKN Universitas Yudharta pada Rabu (06/07/2022).

Di kecamatan Rembang ada 17 desa yang mengikuti pelatihan ini, dengan 159 tim pendamping keluarga yang terdiri dari ibu-ibu PKK, kader KB, bidan. Tugas dari TPK sendiri yaitu memberikan pendampingan kepada calon pengantin, ibu hami, dan ibu pasca melahirkan. Seprti halnya ibu hamil yang diberi rujukan ke puskesmas dan dilanjut ke rumah sakit. Untuk setiap layanan pendampingan, dikenai biaya Rp 10.000,-. Dari bulan januari, anggota TPK (Tim Pendamping Keluarga) mendapatkan tunjangan sebesar Rp 100.000,- untuk menunjang pelaksanaan tugas mereka.

“Harapan kami mahasiswa KKN Universitas yudharta kepda program ini, yaitu dapat mengurangi angka pernikahan sejak dini, dan dapat meningkatkan SDM di kecamatan Rembang,” ujar Rofiq selaku ketua KKN Kelmpok 28.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial