Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Tanggal 6 Juli Hari Zoonosis Sedunia, Upaya Mencegah Penyakit yang Dapat Menular dari Hewan ke Manusia dan Sebaliknya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net- Tanggal 6 Juli diperingati sebagai hari zoonosis sedunia, hal ini menjadi momentum untuk mengingatkan masyarakat mengenai ancaman penyakit zoonosis yang ada di tengah-tengah kehidupan makhluk hidup.
Penyakit Zoonosis merupakan penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Penyakit zoonosis atau zoonotik ini bisa tertular akibat mikroorganisme parasit yang berupa :

  • Bakteri
  • Jamur
  • Virus
  • Cacing
  • Protozoa.

Zoonosis dapat menjadi ancam bagi kesehatan masyarakat dikarenakan hubungan yang dekat antara kehidupan manusia dan hewan, baik sebagai hewan peliharaan, penunjang kegiatan manusia, maupun sebagai sumber pangan.
Zoonosis dapat menimbulkan gejala yang serius dan mematikan, namun tak sedikit pula yang menimbulkan gejala ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya.
Cara penularan penyakit zoonosis ada tiga macam, yakni :

  1. Secara langsung
    Penularan secara langsung dapat terjadi dengan cara kontak dengan hewan terinfeksi, tergigit, terkena air liur dan kotoran hewan serta cairan yang keluar dari hewan tersebut
  2. Tidak langsung
    Penularan tidak langsung dapat melalui perantara, baik artropoda yang bertindak sebagai vektor, air dan juga tanah.
  3. Konsumsi
    Penularan lewat konsusmsi produk hewan yang terinfeksi ataupun yang masih mengandung bibit penyakit.
    Mengenal Macam-Macam Penyakit Zoonosis
    Zoonosis mencakup berbagai penyakit menular yang secara biologis berbeda satu dengan lainnya. Banyaknya penyakit yang dapat digolongkan sebagai zoonosis dikarenakan adanya perbedaan yang kompleks di antara penyakit tersebut.

Penyakit zoonosis dapat dibedakan antara lain berdasarkan penularannya, reservoir utamanya, asal hewan penyebarnya, dan agens penyebabnya (Suharsono 2002; Soejodono 2004; Murdiati dan Sendow 2006).
Berikut beberapa jenis penyakit yang termasuk zoonosis

Rabies, Demam berdarah, Flu burung, Cikungunya, Cacingan, Malaria, Kaki gajah, Cacar monyet, Leptospirosis, Listeriosis, Dermatofitosis, Ebola, Toksoplasmosis, Anthraks, Pes, Infeksi bakteri salmonella

Selain berbagai jenis penyakit di atas, masih ada banyak penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia.
Oleh karena itu, masyarakat diharapkan lebih waspada terhadap penyakit zoonosis, dengan menjaga kebersihan diri dan hewan peliharaan serta selektif dalam memilih produk hewani dan juga mengolah produk tersebut dengan benar.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial