Gali Potensi Pariwisata Desa Gerbo, Mahasiswa KKNT Ajak Planker Nimbrung Bareng

""

PortalArjuna.net – Desa Wisata menjadi satu diantara prioritas pengembangan pariwisata yang intens digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Desa wisata yang dimaksud adalah wisata pedesaan yang berupa aset kepariwisataan berbasis pada potensi pedesaan dengan segala keunikan dan daya tariknya. Hal tersebut yang kemudian dapat diberdayakan dan dikembangkan sebagai produk wisata untuk menarik kunjungan wisatawan ke lokasi desa tersebut.

Untuk itu, langkah awal mahasiswa KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) dalam mengembangkan pariwisata desa gerbo adalah turut mengajak organisasi yang mengelola wisata desa gerbo yaitu planker (pemuda pelanggan keramaian).

Planker sendiri merupakan kumpulan anak muda ini menyadari betul potensi di desanya harus dikelola dengan baik agar terus menarik banyak pengunjung.

Untuk itu Planker tidak segan berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama pihak swasta dari Pokdarwis Gerbo (Kelompok Desa Wisata Gerbo). Selain itu, Planker juga pernah menggandeng CSR PLN Peduli untuk Indonesia dalam memberikan kontribusinya terhadap wisata Lembah Gunung Tumpeng yang ada di desa Gerbo.

Selama menimbrung bareng Planker, mahasiswa KKNT bukan hanya melakukan koordinasi dan diskusi saja, namun juga mengajak untuk merealisasikan Desa Gerbo menjadi Desa Wisata yang bisa diminati banyak masyarakat luas.

Dari menimbrung bareng tersebut, Mahasiswa KKNT juga mendapat banyak wawasan baru mengenai wisata yang ada di Desa Gerbo, salah satunya Wisata Lembah Gunung Tumpeng. Sebuah Wisata Alam serta Edukasi, yang meliputi bidang perkebunan, pertanian, peternakan, serta kearifan lokal yang ada di Desa Gerbo.

“Harapan kedepannya kita ingin mempunyai sistem paket tour wisata di Gerbo agar bisa memanfaatkan homestay yang sudah ada. Karena kita ingin pengunjung bukan hanya sekedar wisata untuk ngopi, dan selesai langsung pergi,” ujar Mahmud selaku salah satu anggota dari Planker, sekaligus ketua dari lembaga Pokdarwis. (Selasa, 27/09/2022).

Dengan adanya organisasi seperti Planker ini, kita sama-sama berharap untuk kemajuan desa wisata dalam menghidupkan pariwisata desa yang belum tersentuh di Pasuruan ini.

(Jurnalis KKNT’22)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.