Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pasuruan Bentuk Tim Ahli Cagar Budaya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan akan membentuk Tim Ahli Cagar Budaya dalam rangka melestarikan kekayaan budaya daerah. Tim ini dibentuk bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi-2 (LSP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Hasbullah, mengungkapkan bahwa pembentukan tim ahli cagar budaya merupakan upaya untuk menjaga dan mempertahankan kebudayaan daerah dari kepunahan. “Kami ingin memastikan bahwa kekayaan budaya di Kabupaten Pasuruan tetap terjaga dan diperkenalkan kepada masyarakat luas,” kata Hasbullah.

Tim ahli cagar budaya terdiri dari para ahli dalam bidang sejarah, arkeologi, antropologi, Arsitektur dan seni budaya. Mereka akan bertugas untuk melakukan inventarisasi, dokumentasi, dan pengawetan benda-benda cagar budaya di Kabupaten Pasuruan.

Dalam kerja sama dengan LSP-2, tim ahli cagar budaya akan mengikuti Bimbingan Teknis dan Asesmen sebelum menerima sertifikasi profesi sebagai bukti keahlian dan keunggulan dalam menjaga dan mempertahankan cagar budaya. Pelaksanaan BimTek dan Asesmen rencanannya akan digelar pada tanggal 9-12 Mei 2023 di Hotel Ibis Surabaya.

Kepala Bidang Kebudayaan, Ustadi, menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat membantu memperkuat kapasitas dan kualitas tim ahli cagar budaya di Kabupaten Pasuruan. “Kami siap mendukung proses sertifikasi profesi bagi para ahli cagar budaya di Kabupaten Pasuruan untuk memastikan keberhasilan program ini,” ujar Ustadi.

Pembentukan tim ahli cagar budaya ini merupakan langkah konkret dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan dalam menjaga dan melestarikan kekayaan budaya daerah. Semoga langkah ini dapat memberikan manfaat dan memperkuat kebudayaan daerah Kabupaten Pasuruan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial