Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 11 Juli 2024

Pesan Habib Abu Bakar Bin Syekh Al-Habsyi Dan Habib Syekh Bin Shofi Al-Idrus Dalam Muhadloroh Ilmiyah

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Berdasarkan jadwal Rihlah yang sudah disebarkan ke wilayah Jawa Timur, Pondok Pesantren ALBERR Pandaan menjadi salah satu tuan rumah dalam kegiatan tersebut dan dihadiri langsung oleh Habib Abu Bakar bin Syekh Al-Habsyi dan Habib Syekh bin Shofi Al-Idrus pada Kamis (16/11/2023) malam hari. Acara ini dihadiri oleh para Asatidz pondok, para habaib, dan seluruh santri baik santri yang masih aktif dan yang sudah menjadi alumni.

Kedatangan Habib Abu Bakar Bin Syekh Al-Habsyi Dan Habib Syekh Bin Shofi Al-Idrus disambut baik oleh Pengasuh Pondok Pesantren ALBERR Pandaan KH. Muhammad Izzuddin beserta para asatidz pondok pesantren. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan sholawat kitab “Simtud Dluror” yang diikuti oleh seluruh santri dan para tamu undangan yang berlokasi di pondok pesantren dan dilanjutkan dengan acara muhadloroh ilmiyah.

Muhadloroh yang pertama disampaikan oleh Al-Habib Abu Bakar Bin Syekh Al-Habsyi dengan tema “Berbakti Kepada Kedua Orang Tua”. Dalam muhadlorohnya, Habib Abu Bakar menyampaikan bahwa seorang anak memiliki kewajiban berbuat baik kepada orang tua.

“Berbuatlah baik kalian kepada kedua orang tua kalian, maka anak – anak kalian akan berbuat baik kepada kalian. Jika seorang anak berbakti kepada ibunya dan ayahnya, maka anaknya akan keluar menjadi anak yang berbakti kepadanya,” ujar Habib Abu Bakar waktu menyampaikan muhadloroh kepada seluruh santri dan para hadirin.

Dilanjutkan muhadloroh yang kedua disampaikan oleh Al-Habib Syekh Bin Shofi Al-Idrus dengan tema “Pentingnya hidayah bagi manusia”. Dalam muhadlorohnya, Habib Syekh bin Shofi menyampaikan bahwa ketika Allah SWT menghendaki petunjuk untuk manusia maka Allah akan menjadikan sebab perantaranya mudah kepada orang itu. “Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa kamu tidak bisa seenaknya kamu memberi hidayah kepada siapapun, kepada orang yang kamu cintai, tapi Allah SWT berkuasa siapa saja berhak oleh Allah untuk diberi hidayah”, ujar Habib Syekh bin Shofi ketika menyampaikan muhadloroh kepada para santri dan para tamu undangan.

Acara ini ditutup dengan pembacaan do’a Kitab Simtud Dluror yang dipimpin langsung oleh Habib Syekh bin Shofi Al-Idrus dan diikuti oleh seluruh santri dan para hadirin. Seluruh santri dan para hadirin belum bisa mendapatkan kesempatan untuk bersalaman kepada Habib Abu Bakar Bin Syekh Al-Habsyi Dan Habib Syekh Bin Shofi Al-Idrus karena beliau segera istirahat dan akan melanjutkan jadwal rihlah ke Kalimantan.

Author : Ahmad Roihanul Majid

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial