Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Asrama I Pondok Pesantren Ngalah Gagas Program Pengembangan Bahasa Asing (PPBA) untuk Tingkatkan Kompetensi Santri Global

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net,Pasuruan -Asrama I Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan merespons dinamika global dengan langkahinovatif yang menarik: meluncurkan Program Pengembangan Bahasa Asing (PPBA). Program ini dirancang untuk memberikan penekanan khusus pada pengembangan kemampuan berbahasa asing bagi para santri terutama mahasiswa untuk membuka peluang yang lebih luas di era globalisasi.

Pada tanggal 20 Oktober 2014, Mushollah Asrama I selepaskegiatan sore. Secara simbolik dengan pemotongan tumpeng oleh Ning Siti Khurrotin selaku pengasuh Asrama I maka di sahkanlah Program Pengembangan Asrama I (PPBA) sebagai wadah pembelajaran bahasa asing beserta kepengurusan PPBA yang mengemban amanah untuk memutar roda pembelajaran PPBA. Dan hari itu dijadikan sebagai hari lahir PPBA Asrama I.

Program ini menawarkan berbagai pilihan bahasa, termasuk bahasa Inggris, Arab, dan bahasa Mandarin. Mata pelajaran tidak hanya mencakup keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berbicara, tetapi juga fokus pada penerapan praktis melalui diskusi, proyek, dan aktivitas-aktivitas yang berorientasi pada bahasa asing.

Asrama I menjadi panggung utama pelaksanaan PPBA di Pondok Pesantren Ngalah, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memfasilitasi perkembangan keterampilan bahasa asing santri. Langkah ini diambil sebagai respons
terhadap tuntutan zaman yang menekankan pentingnya penguasaan bahasa asing dalam menghadapi tantangan global. PPBA bertujuan untuk menciptakan santri-satri yang tidak hanya terikat pada nilai-nilai keislaman, tetapi juga diharapkan dapat menjadi langkah menuju pemberdayaan generasi muda yang berkompeten dan siap bersaing di panggung global.

Author : Nuraini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial